Analisis peran pemerintah desa dalam meningkatkan perekonomian pedagang Pasar Kenayan Desa Balingasal, Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen

Suryaningsih, Titi (2023) Analisis peran pemerintah desa dalam meningkatkan perekonomian pedagang Pasar Kenayan Desa Balingasal, Kecamatan Padureso, Kabupaten Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026055_Titi_Suryaningsih] Text (Skripsi_1705026055_Titi_Suryaningsih)
1705026055_Titi Suryaningsih_Full skripsi - Titi Suryaa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pasar merupakan tempat yang mempertemukan antara penjual dan pembeli yang terbentuk berdasarkan adanya permintaan dan penawaran yang melalui proses ruang dan waktu. Penjual dan pembeli menggantungkan hidupnya melalui transaksi dipasar. Pasar Kenayan merupakan salah satu aset berharga yang di miliki oleh Desa Balingasal. Besar potensi yang dimiliki oleh Pasar Kenayan karena letaknya sangat strategis dan menjadi penunjang kehidupan warga Desa Balingasal maupun desa lainnya yang terletak di sekitar Desa Balingasal. Tahun 2017 pemerintah Desa Balingasal melakukan pembangunan kembali kios pasar yang tujuannya untuk lebih memperbanyak jumlahnya. Namun persyaratan untuk menyewa kios pasar hanya ditujukan untuk pedagang warga Desa Balingasal saja.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) atau studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan berupa data primer dari wawancara dengan narasumber dan data sekunder dari arsip desa dan website desa.
Kesejahteraan menurut Islam tidak hanya dilihat dari terwujudnya kekayaan dan konsumsi yang maksimal, namun juga terpenuhinya aspek materi dan spiritual manusia. Upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Desa Balingasal memberikan dampak yang positif bagi para pedagang. Para pedagang mengalami peningkatan pendapatan dan merasa lebih aman dan nyaman dengan kondisi pasar yang baru. Namun masih ada faktor penghambat yang perlu ditangani. Pemerintah desa juga perlu meninjau ulang kebijakan mengenai syarat menyewa kios pasar dan juga perlu ditambah lagi jumlah kios agar semakin banyak pedagang yang sejahtera.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pasar tradisional; pemerintah desa; pedagang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 26 Sep 2023 10:18
Last Modified: 26 Sep 2023 10:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21215

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics