Mekanisme pembiayaan multi jasa dengan menggunakan akad al ijarah pada BMT Al Hikmah Cabang Karangjati Ungaran

Rifai, Achmad (2023) Mekanisme pembiayaan multi jasa dengan menggunakan akad al ijarah pada BMT Al Hikmah Cabang Karangjati Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905015055_Achmad Rifa_i_Lengkap] Text (Skripsi_1905015055_Achmad Rifa_i_Lengkap)
Skripsi_1905015055_Achmad Rifa_i_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Produk penyaluran dana yang ada di BMT Al Hikmah Ungaran salah satunya adalah pembiayaan multijasa. Pembiayaan Multijasa merupakan pembiayaan yang diberikan oleh lembaga keuangan syariah kepada nasabah dalam memperoleh manfaat atas suatu jasa. Pembiayaan multijasa merupakan penyaluran dana menggunakan akad ijarah, dalam penyaluran jasa keuangannya antara lain, penyaluran pelayanan jasa pendidikan, pelayanan kesehatan, dan lain-lain. Dalam pemberian pembiayaan multijasa ini, bank syariah akan memperoleh imbalan jasa (ujrah) atau fee menurut kesepakatan dimuka dan dinyatakan dalam bentuk nominal bukan dalam bentuk persentase.
Dari penjabaran di atas bahwa peneliti berkeinginan untuk mengetahui mengenai bagaimana mekanisme pembiayaan multijasa dengan menggunakan akad al ijarah di BMT Al Hikmah cabang Karangjati Ungaran.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan yang bertempat di BMT Al Hikmah Ungaran. Data yang dipakai pada penelitian yaitu data primer dan data skunder, data primer didapatkan melalui observasi dan wawancara secara langsung dan data skunder diperoleh juga dari dokumentasi. Semua data yang terkumpul lalu di analisis memakai cara deskriptif analisis. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu mekanisme pembiayaan multijasa menggunakan akad ijarah dan dalam praktek melakukan pembiayaan ini BMT Al-Hikmah itu hanya menyewakan atau memberikan talangan dana kepada anggota untuk keperluan anggota dengan menggunakan margin/keuntungan yang disepakati bersama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mekanisme; Multijasa; Ijarah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:55
Last Modified: 29 Sep 2023 02:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21222

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics