Penerapan modul larutan penyangga berbasis augmented reality terhadap kemampuan multi level representasi siswa

Felisha, Zulfa (2023) Penerapan modul larutan penyangga berbasis augmented reality terhadap kemampuan multi level representasi siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1908076046_Zulfa Felisha_Lengkap] Text (Skripsi_1908076046_Zulfa Felisha_Lengkap)
Skripsi_1908076046_Zulfa Felisha_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kesulitan dalam mempelajari ilmu kimia dapat disebabkan oleh sebagian besar konsep yang dipelajari kimia bersifat abstrak, dan tidak dapat dijelaskan tanpa menggunakan analogi atau model. Rendahnya kemampuan multi level representasi pada konsep materi larutan penyangga dapat disebabkan tidak terkoneksinya ketiga level multi level representasi dalam kimia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modul larutan penyangga berbasis Augmented Reality terhadap kemampuan multi level representasi siswa. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen semu dan metode penelitian ini menggunakan Non Equivalent Control Goup Design. Hasil penelitian ini didapatkan melalui uji Mann Whitney signifikansi sebesar 0,00 < 0,05. Kesimpulan pada penelitian ini adalah H_"a" diterima dan H_0 ditolak artinya terdapat pengaruh penerapan modul larutan penyangga berbasis Augmented Reality terhadap kemampuan multi level representasi kimia siswa. Effect size untuk mengukur seberapa besar pengaruh modul larutan penyangga berbasis AR yang didapatkan sebesar 1,68 dengan kriteria besar dan N-Gain dihasilkan sebesar 0,61 untuk mengetahui peningkatan pada kelas eksperimen menggunakan modul larutan penyangga berbasis AR artinya pada kelas eksperimen mengalami kenaikan pengaruh dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Augmented reality; Larutan penyangga; Modul; Multi level representasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 30 Sep 2023 03:21
Last Modified: 30 Sep 2023 03:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21230

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics