Pengembangan modul elektronik berbasis multi representasi pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMA

Wijaya, Fahri (2023) Pengembangan modul elektronik berbasis multi representasi pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1808066009_Fahri Wijaya_Lengkap] Text (Skripsi_1808066009_Fahri Wijaya_Lengkap)
Skripsi_1808066009_Fahri Wijaya_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul elektronik berbasis multirepresentasi pada materi suhu dan kalor serta hubungannya dengan respon siswa dan peningkatan hasil belajar kognitif pasca pengaplikasian modul. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE dengan subjek coba berupa kelas XI MIPA MA NU 04 Ma’arif Boja. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa hasil validasi modul mendapatkan hasil layak baik pada asepk materi dan media dengan hasil persentase masing-masing sebesar 95,83% dan 98%. Adapun respon siswa terhadap modul didapatkan kategori sangat baik dengan persentase sebesar 90%. Dari segi peningkatan belajar kognitif pasca pengaplikasian modul didapatkan hasil kategori sedang dengan hasil uji gain sebesar 0,61.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Modul elektronik; Multi representasi; Suhu; Kalor; Kognitif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:10
Last Modified: 02 Oct 2023 04:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21239

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics