Analisis pemahaman konsep berdasarkan model pembelajaran kumon pada materi program linear kelas XI terhadap siswa aktif dan pasif berorganisasi

Hartanto, Richo (2023) Analisis pemahaman konsep berdasarkan model pembelajaran kumon pada materi program linear kelas XI terhadap siswa aktif dan pasif berorganisasi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1808056107_Richo Hartanto_Lengkap] Text (Skripsi_1808056107_Richo Hartanto_Lengkap)
Skripsi_1808056107_Richo Hartanto_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (42MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa agar mampu menjelaskan konsep matematika yang telah dipelajari dengan menggunakan kata-kata sendiri. Kemampuan pemahaman konsep matematika dipengaruhi beberapa faktor salah satunya yakni aktif atau tidaknya siswa dalam berorganisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep matematika siswa yang aktif dan pasif organisasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan angket. Langkah-langkah analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah siswa yang aktif berorganisasi mempunyai kesamaan dalam pemahaman konsep materi program linear yaitu kurang memahami konsep materi program linear. Sedangkan siswa yang pasif berorganisasi memiliki perbedaan yang sangat signifikan dalam pemahaman konsep materi program linear. Siswa yang pertama memiliki pemahaman konsep yang baik dan yang kedua memiliki pemahaman konsep yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep; Aktif berorganisasi; Pasif organisasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Oct 2023 01:49
Last Modified: 03 Oct 2023 01:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21255

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics