Pengembangan modul FAMA (Faraid Matematika) berbasis Kitab Matan Rahbiyyah karya Syekh Muhammad al-Rahby

Huda, Yusri Kamilatul (2023) Pengembangan modul FAMA (Faraid Matematika) berbasis Kitab Matan Rahbiyyah karya Syekh Muhammad al-Rahby. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1908056018_Yusri Kamilatul Huda_Lengkap] Text (Skripsi_1908056018_Yusri Kamilatul Huda_Lengkap)
Skripsi_1908056018_Yusri Kamilatul Huda_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (23MB)

Abstract

Ajaran Islam mencakup seluruh aspek kehidupan manusia termasuk dalam hal pembagian waris. Ilmu yang membahas tata cara pembagian waris sesusai ajaran Islam dikenal dengan nama ilmu faraid. Faraid erat kaitannya dengan matematika bahkan matematika menjadi syarat agar manfaat serta tujuan faraid dapat tercapai. Akan tetapi, hasil studi pendahuluan menyatakan bahwa 57,6% pengkaji faraid masih kesulitan menerapkan konsep matematika ke dalam perhitungan faraid. Hasil observasi dari kolom pencarian online beberapa perpustakaan menunjukkan bahwa sumber atau bahan ajar dengan kata kunci “Faraid Matematika” dan “Waris Matematika” masih belum tersedia sedangkan 97% narasumber menyatakan setuju dan sangat setuju bahwa bahan ajar yang secara spesifik menjelaskan materi faraid beserta konsep matematika yang bersesuaian sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate) dibuatlah produk berupa modul yang diberi nama Modul FAMA (Faraid Matematika) Berbasis Kitab Matan Rahbiyyah Karya Syekh Muhammad al-Rahby. Modul ini diuji cobakan di PP. Safinatul Huda. Kelayakannya ditinjau dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Berdasarkan hasil pengujian oleh 6 validator ahli menggunakan teknik kuantitatif deskriptif, modul FAMA dinyatakan sangat valid dengan rata-rata nilai/rating kevalidan sebesar 91,18%. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan terhadap 5 orang santri untuk melihat kepraktisan modul dengan menggunakan teknik kuantitatif deskriptif juga menunjukkan bahwa modul FAMA dinilai sangat praktis dengan rata-rata kepraktisan 89,80%. Tahap implementasi skala sedang yang dilakukan untuk menguji kepraktisan dan keefektifan modul di lapangan menunjukkan bahwa modul FAMA sangat praktis dengan rata-rata nilai kepraktisan sebesar 88,77%. Pengujian keefektifan modul yang dirancang menggunakan model eksperimen one-group pretest-posttest design dengan subjek implementasi 25 pengguna/santri menunjukkan bahwa probabilitas hasil sampel pada uji peningkatan hasil belajar ranah kognitif (dari pretest ke posttest) setelah penggunaan modul dengan uji tanda (sign test) adalah 0,000<0,05 berarti H_0 ditolak dan terdapat peningkatan hasil belajar ranah kognitif setelah penggunaan modul. Oleh karena itu, penggunaan modul FAMA (Faraid Matematika) berbasis kitab Matan Rahbiyyah karya Syekh Muhammad al-Rahby dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar ranah kognitif santri PP. Safinatul Huda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mmodul; Faraid; Matematika; Kitab; Rahbiyyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 03 Oct 2023 01:59
Last Modified: 03 Oct 2023 01:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21256

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics