Efektivitas model SItiation-Based Learning (SBL) berbantuan media book of trigonometry terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X MA Al Asror Gunung Pati

Amalia, Nabila Aulia (2023) Efektivitas model SItiation-Based Learning (SBL) berbantuan media book of trigonometry terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X MA Al Asror Gunung Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1908056094_Nabila Aulia Amalia_Lengkap] Text (Skripsi_1908056094_Nabila Aulia Amalia_Lengkap)
Skripsi_1908056094_Nabila Aulia Amalia_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas X di Madrasah Aliyah Al Asror Gunung Pati yang tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Situation-Based Learning (SBL) berbantuan media Book of Trigonometry pada materi trigonometri siswa kelas X Madrasah Aliyah Al Asror Gunung Pati tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode experiment research jenis quasi experimental design tipe the nonequivalent pretest-posttest control group design dengan teknik purposive sampling yang diperoleh kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Data analisis menggunakan uji t-test untuk mengetahui pemahaman konsep matematis, uji ketuntasan klasikal dan uji n-gain untuk menghitung tingkat keefektivitasn model Situation-Based Learning (SBL) berbantuan media Book of Trigonometry. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung yaitu hasil postest pemahaman konsep matematis kelas eksperimen yaitu 1,5075, sedangkan ttabel yaitu 1,7081. Hal tersebut menunjukkan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pada uji ketuntasan klasikal pada kelas eksperimen diperoleh zhitung yaitu 1,963961012 dan ztabel yaitu1,64 yang menunjukkan bahwa klas eksperimen lebih dari 70% tuntas dan pada hasil n-gain diperoleh kategori efektivitas 60%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model Situation-Based Learning terhadap pemahaman konsep matematis kelas X materi trigonometri MA Al Asror Gunung Pati tahun pelajaran 2022/2023 dapat dikatakan cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman konsep; Matematis; Model Situation-Based Learning (SBL); Media book of trigonometry
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:43
Last Modified: 10 Oct 2023 08:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21258

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics