Implementasi fungsi manajemen dakwah dalam peningkatan akhlakul karimah anggota UKM MAWAPALA (Mahasiswa Walisongo Pencinta Alam) UIN Walisongo Semarang

Aninda, Rahmah Devi (2022) Implementasi fungsi manajemen dakwah dalam peningkatan akhlakul karimah anggota UKM MAWAPALA (Mahasiswa Walisongo Pencinta Alam) UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501036057_Rahmah_Devi_Aninda] Text (Skripsi_1501036057_Rahmah_Devi_Aninda)
Skripsi_1501036057_Rahmah_Devi_Aninda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

UKM Mawapala merupakan satu-satunya UKM pencinta alam di lingkungan UIN Walisongo Semarang. Sebagai organisasi yang berada di bawah naungan UIN Walisongo, maka landasan agama adalah landasan utama UKM Mawapala dalam berkegiatan. Hal ini juga tertuang dalam misi poin pertama UKM Mawapala, yaitu: “Menyelenggarakan pendidikan berbasis kepencintaalaman berbasis ilmu pengetahuan untuk menciptakan generasi yang beriman, bertaqwa, dan berakhlakul kariman.” Melihat fenomena ini, peneliti mencoba menganalisis bagaimana implementasi fungsi manajemen dakwah dan hasilnya dalam meningkatkan akhlakul karimah anggota UKM Mawapala UIN Walisongo.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen dakwah dan hasilnya dalam meningkatkan akhlakul karimah anggota UKM Mawapala UIN Walisongo. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dimana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan akhlakul karimah anggotanya, UKM Mawapala menerapkan fungsi manajemen planning, organizing, actuacting, dan controlling. Planning digunakan untuk merumuskan program kerja, dimana tujuan besar dari UKM Mawapala dicapai melalui program kerja, kemudian pengorganisasian melalui pembagian job description, dari pengorganisasian tersebut diaktualisasikan dalam bentuk kegiatan, dan dilakukan evaluasi baik secara formatif dan sumatif. Implementasi dari fungsi manajemen dakwah ini dapat meningkatka akhlakul karimah anggota UKM Mawapala.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Akhlak; Mahasiswa; Pecinta alam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Oct 2023 09:10
Last Modified: 03 Oct 2023 09:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21265

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics