Strategi dakwah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati

Sholeh, Ahmad (2022) Strategi dakwah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501036157_Ahmad_Sholeh] Text (Skripsi_1501036157_Ahmad_Sholeh)
Skripsi_1501036157_Ahmad_Sholeh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Strategi Dakwah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Margoyoso Pati” penelitian ini meneliti tentang strategi dakwah di sebuah organisasi masyarakat yaitu MWC NU dalam upaya membina perilaku sosial kegaamaan warga Nahdliyin Margoyoso. Penelitian ini berusaha mengetahui (1) Bagaimana kondisi sosial keagamaan jamaah MWC NU Margoyoso (2) Bagaimana strategi dakwah MWC NU Margoyoso dalam membina perilaku sosial kegaamaan warga Nahdliyin Margoyoso Pati dan evaluasi terhadap kegiatan-kegiatan yang ada di dalam MWC NU Margoyoso Pati.

Kajian ini menggunakan jenis deskriptif-kualitatif. Data primernya ialah berlandaskan penginformasian pengurus serta pimpinan MWC-NU Margoyoso. Adapun data sekundernya didasarkan pada jurnal, artikel, kajian-kajian keilmiahan, dan sejenisnya dengan relevansi terhadap pengkajian peneliti.

Penganalisisan datanya memanfaatkan penganalisisan tertentu, yakni induktif. Berlandaskan pelaksanaan pengkajian, taktik berdakwah oleh MWC-NU Margoyoso ialah “bil lisan” atau disebut pula ceramah, juga kaderisasi. Hal itu begitu positif dimanfaatkan pada perilaku kemasyarakat (berkaitan religiusitas) pada pengikut-pengikut MWC-NU. Perlakuan kemasyarakat ataupun sosial religiusitas itu biasanya bisa disebutkan cukup jikalau sudah berpartisipasi pada sejumlah aktivitas berdakwah milik MWC-NU Margoyoso itu. Sadarnya masyarakat akan nilai-nilai luhur religiusitas atas perlakuan kesosialan berdampak pada transformasi positif, oleh karenanya muncullah keseharian yang rukun dan tentram. Di lain sisi, pada suatu aktivitas tidaklah bisa dilepaskan dari aspek-aspek penyokong ataupun penghambatnya. Aspek penyokongnya ialah loyalitas serta tanggung jawab, partisipasi, totalitas, ketersediaan institusi kependidikan, fasilitas dakwah, pemeliharaan ats nilai-nilai penengah serta tradisional. Lalu, aspek penghambatnya ialah koordinasi, komunikasi, konsolidasi, serta interaksi kuranglah optimal, struktural pengelolaan, juga pengaderannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Majelis Wakil Cabang; Nahdlatul Ulama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.65 Organizations of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Oct 2023 09:22
Last Modified: 03 Oct 2023 09:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21266

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics