Internalisasi pendidikan karakter dalam seni bela diri Pencak Silat Benteng Persada Sitanggal Brebes

Febriyanti, Susi (2023) Internalisasi pendidikan karakter dalam seni bela diri Pencak Silat Benteng Persada Sitanggal Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016148_SUDIFEBRIYANTI] Text (SKRIPSI_1603016148_SUDIFEBRIYANTI)
1603016148_Susifebriyanti_Full_Skripsi - susi febriyantii(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus perkelahian antar perguruan pencak silat, sehingga para anggota pencak silat harus diberikan Pendidikan karakter. Skripsi ini membahas tentang bagaimana karakter anggota pencak silat benteng persada dan bagaimana internalisasi atau upaya yang dilakukan oleh perguruan pencak silat benteng persada Sitanggal Larangan Brebes dalam membentuk dan menanamkan nilai-nilai Pendidikan karakter siswa pencak silat Benteng Persada Sitanggal Larangan Brebes.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menarik kesimpulan bahwa adanya Pendidikan karakter di dalam tubuh organisasi seni bela diri pencak silat benteng persada Sitanggal Larangan Brebes melalui ajaran panca prasetia, yaitu: (1) bertakwa kepada Allah swt., (2) bersifat kesatria dan mengutamakan persahabatan, (3) sanggup memelihara dan menanamkan budi pekerti yang mulia, (4) siap sedia menolong sesama manusia, (5) menjunjung nama baik orang tua, bangsa dan negara serta agama. Selain itu juga Pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan istighozah setiap malam jumat pahing dan internalisasi melalui gerakan-gerakan silat Benteng Persada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Internalisasi; pencak silat; Pendidikan Karakter
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 05 Oct 2023 09:16
Last Modified: 05 Oct 2023 09:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21279

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics