Kesiapan pembelajaran PAI berbasis teknologi di SMP Negeri 22 Purworejo

Fata, Azhar (2023) Kesiapan pembelajaran PAI berbasis teknologi di SMP Negeri 22 Purworejo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1603016172_AZHAR_FATA] Text (SKRIPSI_1603016172_AZHAR_FATA)
1603016172_Azhar Fata_Lengkap Tugas Akhir - Pojok Santren.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi menuntut penyesuaian guru, pihak sekolah, dan siswa untuk melakukan pembelajaran menggunakan teknologi. Pembelajaran akan berjalan dengan baik apabila adanya kesiapan pembelajaran yang baik pula. Focus penelitian ini adalah 1) Bagaimana kesiapan sekolah dalam menunjang pembelajaran PAI dengan pemanfaatan teknologi di SMP Negeri 22 Purworejo? 2) Bagaimana kesiapan guru dalam penguasaan teknologi pembelajaran? 3) Bagaimana pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran PAI di SMP Negeri 22 Purworejo ?
Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif lapangan dan menggunakan pendekatan naratif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi lapangan.
Hasil penelitian ini menununjukkan: pertama bahwa di SMP Negeri 22 Purworejo sekolah telah siap dalam menunjang pembelajaran PAI berbasis teknologi dengan cara memenuhi sarana dan prasana pembelajaran seperti penyediaan lab computer, laptop (yang dapat dipinjam siswa saat pembelajaran), LCD dan jaringan internet untuk menunjang guru saat pembelajaran. Kedua guru PAI telah siap dalam penguasaan teknologi pembelajaran. dengan mengikuti pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi. Ketiga pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran yaitu saat penyusunan RPP, Pemilihan media pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesiapan; Pembelajaran PAI; Teknologi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 05 Oct 2023 09:45
Last Modified: 05 Oct 2023 09:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21282

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics