Citra perempuan muslimah dalam film “jilbab traveler love sparks in Korea”

Sa’diyah, Rosyidah Mahdiatus (2022) Citra perempuan muslimah dalam film “jilbab traveler love sparks in Korea”. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1601026031_Rosyidah Mahdiatus Sa’diyah_SKRIPSI] Text (1601026031_Rosyidah Mahdiatus Sa’diyah_SKRIPSI)
1601026031_Rosyidah_Full Skripsi - Rosyidah Mahdiatus Sa_diyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Rosyidah Mahdiatus Sa’diyah: 1601026031: Citra Perempuan Muslimah Dalam Film “Jilbab Traveler Love Sparks In Korea”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui citra dan makna perempuan muslimah dalam film “Jilbab Traveler Love Sparks In Korea”. Umumnya, media menyajikan citra dan peran perempuan secara sewenang-wenang, tanpa memikirkan dampak yang dapat ditimbulkan dari citra yang dibangun. Seringkali perempuan cantik dijadikan objek agar mendapat rating yang tinggi. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana citra dan makna perempuan muslimah dalam film “Jilbab Traveler Love Sparks In Korea”.
Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian analisis semiotik Roland Barthes. Dalam menganalisis, peneliti mendeskripsikan data dalam bentuk cuplikan frame dari scene-scene khususnya yang mengandung citra perempuan muslimah dalam film “Jilbab Traveler Love Sparks In Korea”. Kemudian tanda yang ada dalam film tersebut diinterpretasikan dengan bagian yang mengandung citra perempuan muslimah, maka makna didalamnya dapat dipahami baik itu denotasi, konotasi maupun mitos.
Hasil penelitian ini terdapat 19 scene citra perempuan muslimah diantaranya citra perempuan muslimah memiliki akidah yang bersih (melakukan ibadah dengan benar, pandai menjaga waktu, tidak mengikuti hawa nafsu). Citra perempuan muslimah memiliki akhlak yang mulia (memiliki kekuatan fisik, cerdas dan berfikir, profesional, mandiri, dan bermanfaat bagi orang lain). Makna denotasi yaitu perilaku, sikap serta peran tokoh perempuan berhijab yang suka traveling sesuai dengan syari’at Islam. Makna konotasi bahwa perempuan berhijab dapat menunjukkan kesopanan dalam berperialaku, berpenampilan dan tutur kata yang baik, rasa kasih sayang kepada keluarga, serta menampilkan pandangan bahwa perempuan berhijab yang suka traveling bukan halangan untuk meraih kesuksesan. Mitos dalam film ini bahwa perempuan mampu menjadi peran utama dan tidak hanya memaksakan definisi feminitas yang sempit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Citra Perempuan; Semiotik; Film “Jilbab Traveler Love Sparks In Korea
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 05 Oct 2023 10:24
Last Modified: 05 Oct 2023 10:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21287

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics