Implementasi etika bisnis Islam dan efikasi diri pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang yang berwirausaha : studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang yang beriwirausaha

Nugroho, Mahendra Prasetya (2023) Implementasi etika bisnis Islam dan efikasi diri pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang yang berwirausaha : studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang yang beriwirausaha. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705026119_Mahendra_Prasetya_Nugroho] Text (Skripsi_1705026119_Mahendra_Prasetya_Nugroho)
1705026119_MAHENDRAPRASETYANUGROHO TUGAS AKHIR - 74-Mahendra Prasetya Nugroho.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Jumlah pengangguran yang semakin meningkat mengharuskan mahasiswa universitas dapat bersaing di dunia kerja. Minimnya jumlah lapangan pekerjaan tidak setara dengan meningkatnya jumlah sarjana. Melihat fenomena tersebut, berwirausaha menjadi salah satu jalan untuk mengatasi masalah pegangguran. Berwirausaha dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Sehingga intensi berwirausaha pada mahasiswa perlu ditingkatkan. Salah satu faktor yang mempengaruhi intensi berwirausaha pada mahasiswa ialah efikasi diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan etika bisnis islam dan efikasi diri pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang yang Berwirausaha.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan etika bisnis islam dan efikasi diri yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo pada umumnya telah sesuai dengan etika bisnis dan efikasi diri yang meliputi seimbang dalam menetapkan harga, menyempurnakan takaran, berkomunikasi dengan ramah, memiliki visi misi yang tidak bertentangan dengan syariat Islam, tidak melupakan ibadah, bekerja keras serta produk yang dijual tidak termasuk produk yang dilarang dalam Islam, yakin akan usahanya, kemampuan untuk berwirausaha, menghadapi berbagai resiko berwirausaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika bisnis Islam; efikasi diri; wirausaha; mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:10
Last Modified: 06 Oct 2023 07:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21290

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics