Penerapan bidang imarah di Masjid Thoriqul Huda Blimbing Kidul Kudus tahun 2021

Aswar, Mohammad Hilda Muttaqin (2022) Penerapan bidang imarah di Masjid Thoriqul Huda Blimbing Kidul Kudus tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601036076_Mohammad_Hilda_Muttaqin_Aswar] Text (Skripsi_1601036076_Mohammad_Hilda_Muttaqin_Aswar)
Skripsi_1601036076_Mohammad_Hilda_Muttaqin_Aswar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Mohammad Hilda Muttaqin Aswar (1601036076) dengan judul “PENERAPAN BIDANG IMARAH DI MASJID THORIQUL HUDA BLIMBING KIDUL KUDUS TAHUN 2021”. Penulis memfokuskan penelitian pada permasalahan “Bagaimana penerapan bidang imarah di Masjid Thoriqul Huda Blimbing Kidul Kudus tahun 2021”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat penerapan bidang imarah di Masjid Thoriqul Huda Blimbing Kidul Kudus tahun 2021.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, untuk mendapatkan data yang valid penulis menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah, bahwa penerapan bidang imarah di Masjid Thoriqul Huda Blimbing Kidul Kudus sebagai kegiatan untuk memakmurkan masjid adalah dalam bentuk kegiatan ibadah, kegiatan pendidikan, kegiatan dakwah dan kegiatan sosial. Pada kegiatan ibadah berupa penyelenggaraan shalat lima waktu, penyelenggaraan shalat-shalat sunnah seperti shalat Idul Fitri, shalat Idul Adha, dan shalat-shalat Sunnah lainnya. Kegiatan khataman Al Qur’an bin nadzor, kegiatan Yasinan, kegiatan maulid Al Barjanji. Kemudian kegiatan dakwah terdapat pengajuan rutin setiap malam jum’at pahing dan jam’iyyah tahlil selapanan. Pada kegiatan pendidikan terdapat TPQ yaitu taman pendidikan Qur’an dan kegiatan MTQ yang diselenggarakan oleh Remaja Masjid IRMATH. Pada kegiatan sosial, berupa pengumpulan zakat fitrah serta pelaksanaan kegiatan santunan yatim piatu. Faktor pendukung pelaksanaan penerapan bidang imarah di Masjid Thoriqul Huda Blimbing Kidul Kudus adalah adanya shodaqoh dan Infaq dari pada jama’ah serta dari masyarakat sekitar serta keaktifan dari para warga muslim di desa Blimbing Kidul Kudus dalam mensukseskan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di Masjid. Sedangkan faktor penghambat penerapan bidang imarah di Masjid Thoriqul Huda Blimbing Kidul Kudus yaitu kurang komunikasi antara pengurus masjid dengan musholla di dukuh-dukuh di desa Blimbing Kidul Kudus. Kendala lainnya yaitu adanya perbedaan pendapat dari beberapa pengurus mengenai pelaksanaan kegiatan kegamaan yang diadakan di masjid, namun perbedaan tersebut dapat diselesaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Imarah; Masjid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Oct 2023 07:12
Last Modified: 07 Oct 2023 07:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21305

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics