Tanggapan jama’ah terhadap Pengajian Jamuna di Pondok Pesantren Girikusumo Mranggen Demak

Lutfiah, Fatma (2022) Tanggapan jama’ah terhadap Pengajian Jamuna di Pondok Pesantren Girikusumo Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701036152_Fatma_Lutfiah] Text (Skripsi_1701036152_Fatma_Lutfiah)
Skripsi_1701036152_Fatma_Lutfiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Fatma Lutfiah (1701036152), Penelitian ini berjudul “Tanggapan Masyarakat Terhadap Pengajian Jamuna di Pondok Pesantren Girikusumo Mranggen Demak” bertujuan untuk mengetahui bagaimana tanggapan masyarakat dengan adanya pengajian Jamuna ini. mulai dari bagaimana tanggapan mereka mengenai keberadaan Jamuna, pelaksanaan pengajian, tingkat kualitas pengajian terhadap pengajian dan motivasi masyarakat dalam mengikuti pengajian Jamuna.
Pengajian merupakan wadah dari aktivitas dakwah atau kegiatan dakwah karena dalam pengajian mengandung ajaran-ajaran Islam dalam rangka mengajak atau membina umat manusia untuk senantiasa berada di jalan Islam, sehingga tercapai kedamaian dan kebahagiaan di dunia maupun akhirat. Penelitian Jama’ah Muji Nabi yang sering disebut pengajian Jamuna dilaksanakan di Pondok Pesantren Girikusumo Mranggen Demak. Pengajian Jamuna diselenggarakan terinspirasi dari pengajian yang ada di Solo yaitu pengajian JUMARO (Jama’ah Muji Rosul) yang langsung dari pengasuh Pondok Pesantren Girikusumo Mranggen yaitu KH. Muhammad Munif Zuhri. Pengajian ini memiliki daya tarik tersendiri dari mulai para pecinta Rasullulah dan tertarik dengan cara dakwah KH. Muhammad Munif Zuhri yang secara spontan, sederhana dan dapat dipahami dengan mudah serta diselingi dengan humor di dalam dakwahnya.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan dakwah dengan pengumpulan data berupa metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan oleh penulis yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari data pengajian Jamuna dan tanggapan dari masyarakat (Jama’ah). Sumber data sekunder diperoleh melalui buku-buku, jurnal, artikel, dokumentasi, dan sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini. Kemudian dari data yang terkumpulkun, peneliti menganalisis mengunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : bagaimana tanggapan masyarakat terhadap pengajian Jamuna ini, tanggapan ini merupakan tanggapan yang disampaikan langsung oleh Jama’ah yang mengikuti pengajian Jamuna ini. Tanggapan ini mengenai bagaimana keberadaan pengajian Jamuna, bagaimana pelaksanaan pengajian Jamuna, Bagaimana tanggapan tentang pengajian yang dapat membuat meningkatkan kualitas Jama’ah, bagaimana tanggapan masyarakat terhadap strategi pengajian Jamuna oleh KH. Muhammad Munif Zuhri dan bagaimana masyarakat termotivasi dalam mengikuti pengajian Jamuna ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Masyarakat; Pengajian
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 07 Oct 2023 08:40
Last Modified: 07 Oct 2023 08:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21312

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics