Pengaruh kemudahan, media promosi dan complaint handling terhadap keputusan penggunaan aplikasi Linkaja Syariah : studi pada pengguna Linkaja Syariah Kota Semarang

Hakim, M. Shodiq Al (2022) Pengaruh kemudahan, media promosi dan complaint handling terhadap keputusan penggunaan aplikasi Linkaja Syariah : studi pada pengguna Linkaja Syariah Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1805036070_M. Shodiq Al Hakim_Lengkap] Text (Skripsi_1805036070_M. Shodiq Al Hakim_Lengkap)
Skripsi_1805036070_M. Shodiq Al Hakim_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital dan internet telah mengubah cara orang untuk bertransaksi. Dari pembayaran uang kertas, kini trendnya mengarah kepada penggunaan uang digital melalui aplikasi dan pembacaan QR Code. Linkaja menjadi salah satu aplikasi pembayaran digital atau e-wallet yang mempunyai layanan syariah di dalamnya. Namun di sisi lain Linkaja masih sedikit pengguna dibandingkan e-wallet lainnya. Hal ini membuat penulis tertarik untuk meneliti permasalahan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif lapangan (field research). Partisipan penelitian ini adalah pengguna Linkaja Syariah di kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penlitian non-probability sampling-accidental sampling untuk memilih sampel yang berjumlah 100 individu yang memenuhi kriteria sebagai pengguna Linkaja Syariah.Terdapat dua sumber data yang digunakan dalam penelitian ini: Regresi linier berganda digunakan untuk menganalisis data primer, yang berasal dari kuesioner yang dikirimkan kepada responden melalui formulir Google. Data sekunder berasal dari buku, jurnal, dan internet.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media promosi berpengaruh terhadap variabel keputusan penggunaan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, nilai variabel media promosi 2,656 > 1,984 dengan nilai signifikansi 0,009 < 0,05. Sedangkan untuk variabel kemudahan dan complaint handling tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung lebih kecil dari nilai t tabel, nilai variabel kemudahan 1,866 < 1.984 dengan nilai signifikansi 0,065 > 0,05. Variabel complaint handling 1,448 < 1,984 dengan nilai signifikansi 0,151 > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media promosi; Complaint handling; Linkaja syariah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2023 01:26
Last Modified: 09 Oct 2023 01:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21315

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics