Pengaruh customer experience, complaint handling dan e-trust terhadap keputusan bertransaksi ulang menggunakan aplikasi e-wallet dana : studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2019-2022 pengguna aplikasi dana dengan tipe akun premium

Alfikri, Danial Syifa (2023) Pengaruh customer experience, complaint handling dan e-trust terhadap keputusan bertransaksi ulang menggunakan aplikasi e-wallet dana : studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2019-2022 pengguna aplikasi dana dengan tipe akun premium. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1805036133_Danial Syifa Alfikri_Lengkap] Text (Skripsi_1805036133_Danial Syifa Alfikri_Lengkap)
Skripsi_1805036133_Danial Syifa Alfikri_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

E-wallet menawarkan metode pembayaran yang praktis, aman, dan menguntungkan bagi para penggunanya. Salah satunya yaitu DANA. Dana telah digunakan oleh 110 juta pengguna yang dimana disetiap tahunnya mengalami kenaikan dari segi jumlah penggunanya. Akan tetapi, dengan jumlah pengguna yang banyak, ternyata dana masih kalah dari segi jumlah popularitas e-wallet dibanding dengan aplikasi OVO. Oleh karena itu penulsi tertarik untuk melakukan penelitian terhadap Dana mengenai keputusan bertransaksi ulang.
Dalam penelitian ini penulis mencoba untuk meneliti pengaruh customer experience, complaint handling dan e-trust terhadap keputusan bertransaksi ulang menggunakan aplikasi e-wallet dana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah Mahasiswa FEBI Angkatan 2019-2022 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu cara mengambil sampel dengan tidak membuka kesempatan yang sama pada tiap komponen populasi guna diseleksi menjadi sampel. Dibantu untuk penarikan sampel menggunakan accidental sampling
Pada penelitian ini variabel Customer Experience memiliki t-hitung adalah 3,927 dan t-tabel adalah 1,985, tingkat signifikansi untuk t-hitung adalah 0,000 < 0,05. Variabel complaint handling menghasilkan nilai signifikansi 0,148 dan Thitung 1,458 < Ttabel 1,985 dengan taraf signifikansi 0,148 > 0,05. Variabel e-trust memiliki nilai signifikansi 0,000, t hitung 4,018, t tabel 1,985, dan nilai signifikan 0,000 < 0,05 untuk t tabel tersebut. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa variabel customer experience dan e-trust berpengaruh secaran signifikan terhadap keputusan bertransaksi ulang menggunakan dana, sedangkan variabel complaint handling tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan transaksi ulang menggunakan Dana

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelanggan; Penanganan keluhan; E-Trust
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:25
Last Modified: 09 Oct 2023 02:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21327

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics