Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi nasabah non muslim menggunakan produk BPRS Asad Alif Dr. Cipto Semarang

Az-Zahra, Syifa Fedira (2023) Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi nasabah non muslim menggunakan produk BPRS Asad Alif Dr. Cipto Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of A.Suciah. “Pengaruh Biaya Operasional Pada Pendapatan Operasional, Financing to Deposit Ratio, Non Performing Financing, Dan Capital Adequacy Ratio Terhadap Return On Asset Pada Bank Umum Syariah Periode 2012-2016.” Repositori Universitas Islam Negeri Ala] Text (A.Suciah. “Pengaruh Biaya Operasional Pada Pendapatan Operasional, Financing to Deposit Ratio, Non Performing Financing, Dan Capital Adequacy Ratio Terhadap Return On Asset Pada Bank Umum Syariah Periode 2012-2016.” Repositori Universitas Islam Negeri Ala)
Skrips_1905036003_ Syifa Fedira Az-zahra_ Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

BPRS Asad Alif merupakan lembaga keuangan syariah yang melakukan kegiatan perekonomian untuk mencakup berbagai kalangan nasabah tidak terpaku kepada nasabah muslim melainkan juga mencakup kalangan non muslim untuk menggunakan jasa di bank Islam. Meski demikian, terjadi penurunan nasabah non muslim yang menggunakan BPRS Asad Alif. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti mengkaji tentang faktor–faktor yang mempengaruhi nasabah non muslim menggunakan produk BPRS Asad Alif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui alasan nasabah non muslim menggunakan BPRS melalui 7 elemen bauran pemasaran (marketing mix).
Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif-kualitatif, data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dengan karyawan BPRS Asad Alif, dan nasabah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan 7 bauran pemasaran (Marketing Mix) digunakan yaitu yang terdiri dari produk (Product), harga (Price), promosi (Promotion), orang (People), proses (Process) menjadi alasan terbesar sementara tempat (Place) dan bukti fisik (Physical Evidence) faktor mendukung alasan nasabah non muslim menggunakan BPRS Asad Alif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nasabah non muslim; Keputusan nasabah; 7P marketing mix; BPRS Asad Alif
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:59
Last Modified: 09 Oct 2023 03:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21329

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics