Implementasi fungsi-fungsi manajemen dakwah pada Bank Wakaf Mikro Sunan Gunung Jati Ba’alawy Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

Ni'am, M. Syahrun (2022) Implementasi fungsi-fungsi manajemen dakwah pada Bank Wakaf Mikro Sunan Gunung Jati Ba’alawy Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801036061_M._Syahrun_Ni'am] Text (Skripsi_1801036061_M._Syahrun_Ni'am)
Skripsi_1801036061_M._Syahrun_Ni'am.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh M. Syahrun Ni’am (1801036061) dengan judul “Implementasi Fungsi-fungsi Manajemen Dakwah pada Bank Wakaf Mikro Sunan Gunung Jati Ba’alawy Kecamatan Gunungpati Kota Semarang”. Penelitian ini berfokus tentang peran yang dilakukan oleh BWM Sunan Gunung Jati Ba’alawy Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dalam pemberdayaan nasabah dan implementasi fungsi-fungsi manajemen dakwah di BWM Sunan Gunung Jati Ba’alawy Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitan kualitatif dengan pendekatan lapangan (field reseach) dan menggunakan metode pendekatan deskriptif yakni data yang terkodifikasi bentuknya bukan angka namun gambar dan kata. Sumber data primer yang diperoleh peneliti melalui wawancara dengan pengurus, pengelola dan nasabah BWM Sunan Gunung Jati Ba’alawy Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Sedangkan sumber data sekunder diambil melalui buku, jurnal, dokumen dan lain sebagainya.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi fungsi-fungsi manajemen dakwah pada BWM Sunan Gunung Jati Ba’alawy: pertama, peran BWM Sunan Gunung Jati Ba’alawy dalam pemberdayaan nasabah secara garis besar yaitu: (1) memberikan modal usaha, (2) mendorong pengembangan bisnis, (3) meningkatkan pendapatan, (4) membantu kebutuhan nasbah, (5) tidak memberatkan nasabah. Peran pemberdayaan yang telah dilakukan oleh BWM Sunan Gunung Jati Ba’alawy kurang maksimal dikarenakan pemberdayaan kepada nasabah belum ada pengembangan secara signifikan, dikarenakan kualitas sumberdaya manusia yang terbatas. Apabila pemberdayaan yang dilakukan oleh BWM Sunan Gunung Jati Ba’alawy kepada nasabah dapat dilakukan secara maksimal maka tujuan, visi dan misi dari BWM Sunan Gunung Jati Ba’alawy dapat tercapai. Kedua dalam implementasi fungsi-fungsi manajemen dakwah di BWM Sunan Gunung Jati telah banyak menggunakan fungsi-fungsi majemen dakwah yaitu: takhtith (perencanaan dakwah), thanzim (pengorganisasian dakwah), tawjih (penggerakan dakwah), riqobah (pengendalian dan evaluasi dakwah).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Dakwah; Bank Wakaf Mikro
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:51
Last Modified: 09 Oct 2023 08:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21347

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics