Strategi takmir dalam memakmurkan Masjid Besar Terboyo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang

Fauzizah, Inayatul (2022) Strategi takmir dalam memakmurkan Masjid Besar Terboyo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801036069_Inayatul_Fauzizah] Text (Skripsi_1801036069_Inayatul_Fauzizah)
Skripsi_1801036069_Inayatul_Fauzizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Inayatul Fauzizah (1801036069) dengan judul Strategi Takmir Dalam Memakmurkan Masjid Besar Terboyo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Memakmurkan dan menyegarkan masjid menjadi penting, karena masjid adalah tempat yang tepat untuk berdoa, beribadah, beramal shaleh, bermasyarakat, membangun masyarakat masjid dan lain sebagainya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana strategi takmir Masjid Besar Terboyo Kecamatan Gayamsari dalam memakmurkan masjid. (2) bagaimana pelaksanaan dan evaluasi dari strategi takmir Masjid Terboyo Kecamatan Gayamsari dalam memakmurkan masjid. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang digunakan takmir Masjid Besar Terboyo Kecamatan Gayamsari dalam memakmurkan masjid, untuk mengetahui pelaksanaan dan juga evaluasi dari strategi takmir dalam Memakmurkan Masjid Besar Terboyo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang.
Jenis penelitian ini menggunakann penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisi kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa strategi takmir dalam memakmurkan Masjid Besar Terboyo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang yaitu membuat jamaah nyaman dan aman dari segi saranan prasanan, dan kepengurusan masjid menyusun banyak program kegiatan dengan tujuan menghidupkan fungsi dari masjid itu sendiri. Kepngurusan/takmir masjid sudah menerapkan tahapan-tahapan strategi yang ada yaitu tahapan strategi Formulasi, strategi implementasi dan strategi evaluasi. Pelaksanaan dan evaluasi dari strategi takmir yang ada sudah diterapkan dengan baik oleh kepengurusan masjid. Program kegiatan Masjid Besar Terboyo yaitu Sholat Berjamaah 5 Waktu, Sholat Jumat, Sholat Tarawih, Sholat ‘Id, Sholat Gerhana, Sholat Qiyamul Lail, dan lain sebagainya, kegiatan Majelis Taklim, Majelis Tahlil/Yasin, Dzibaan, kegiatan Bulan Ramadhan, khotmil Qur’an dan Manaqib, pengajian Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), kegiatan Penerimaan dan Pembagian Zakat Fitrah/Mal, penerimaan dan pembagian Qurban. Evaluasi dari program kegiatan diatas kepengurusan masjid biasanya melakukan musyawarah dan memiliki tiga musyawarah atau pertemuan, yaitu musyawarah pimpinan, musyawarah koordinasi, dan juga musyawarah luar biasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Masjid; Takmir masjid; Jamaah; Kegiatan; Musyawarah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:58
Last Modified: 09 Oct 2023 08:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21349

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics