Manajemen Masjid Agung Darussalam Cilacap

Safitri, Anis Fauzia (2022) Manajemen Masjid Agung Darussalam Cilacap. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801036109_Anis_Fauzia_Safitri] Text (Skripsi_1801036109_Anis_Fauzia_Safitri)
Skripsi_1801036109_Anis_Fauzia_Safitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Masjid diartikan sebagai tempat ibadah bagi umat Islam, khususnya dalam menegakkan shalat. Fungsi utama masjid adalah tempat sujud kepada Allah SWT, tempat shalat dan tempat beribadah kepada-Nya. Selain sebagai sarana tempat ibadah tentunya masjid juga berfungsi membina serta mendidik manusia menjadi insan yang beriman dan bertaqwa. Setiap masjid tentunya mereka mempunyai sebuah sistem manajemen yang berbeda-beda, sehingga dapat dikatakan bahwa setiap masjid memiliki perbedaan dalam mengelola masjid. Sehubungan dengan hal itu maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian agar dapat mengetahui bagaimana manajemen masjid yang ada di Masjid Agung Darussalam Cilacap. Dalam penelitian ini penulis memfokuskan pada 3 aspek manajemen masjid yaitu : (1) Bagaimana Idarah di Masjid Agung Darussalam Cilacap? (2) Bagaimana Imarah di Masjid Agung Darussalam Cilacap? (3) Bagaimana Ri’ayah di Masjid Agung Darussalam Cilacap?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen masjid dalam Masjid Agung Darussalam Cilacap dalam 3 aspek yaitu idarah, imarah dan ri’ayah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dimana data yang terkumpul berupa kata-kata, dan bukan angka-angka kemudian data dianalisis gambaran sehingga akan mudah dipahami bagi pembaca. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik induktif yaitu penggalian data di lapangan kemudian di lakukan reduksi data dan pemaparan data kemudian ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen Masjid Agung Darussalam Cilacap sudah berjalan dengan baik, namun dibidang idarah bagian keuangan sebenarnya masjid sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah hanya saja itu tidak rutin disetiap bulannya, dan masjid memiliki pemasukan keuangan dana dari infaq dan shadaqah, selain itu di bidang imarah pembinaan remaja belum berjalan dengan baik dimana remaja masjid hanya ada disetiap bulan ramadhan karena di era digital ini masjid kesulitan untuk membuat remaja tertarik untuk membantu memakmurkan kegiatan masjid. Sedangkan dibidang ri’ayah prasarana dan sarana masjid sudah cukup berjalan dengan baik dan maksimal karena masjid memiliki fasilitas-fasilitas perlengkapan sebagai mana mestinya yang harus dimiliki oleh setiap masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Masjid; Idarah; Imarah; Ri’ayah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Oct 2023 09:43
Last Modified: 09 Oct 2023 09:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21356

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics