Analisis tindak tutur ilokusi pada film pendek “Capciptop”

Rachmawati, Wenni (2022) Analisis tindak tutur ilokusi pada film pendek “Capciptop”. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1601026084_Wenni_Rachmawati_SKRIPSI] Text (1601026084_Wenni_Rachmawati_SKRIPSI)
1601026084_Wenni Rachmawati_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Film Pendek “CapCipTop” skripsi Wenni Rachmawati (1601026084) Komunikasi dan Penyiaran Islam konsentrasi Televisi Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Film yang baik bukan hanya sekedar karya seni, namun mengandung pesan moral serta pengekspresian seni di dalamnya. Salah satu film yang saat ini tengah diminati masyarakat ialah film pendek, film yang berdurasi antara 10 hingga 60 menit ini menyajikan cerita yang beragam. Salah satu film yang menarik sesuai dengan kondisi sosial masyarakat saat ini ialah film “CapCipTop.” Film yang di produksi Ravacana Film dengan durasi 21 menit ini, sudah di tonton sebanyak 2,7 Juta kali melalui kanal youtube Ravacana Film.
Film tidak terlepas dari percakapan atau komunikasi. Komunikasi merupakan proses pertukaran pesan antara komunikan dengan komunikator untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Para tokoh dalam film berinteraksi dengan tokoh lain dalam dialog antar tokoh. Dialog berkaitan dengan tuturan yang mengacu pada tindak tutur Tindak tutur merupakan teori yang dapat digunakan untuk memahami isi dalam tuturan atau memahami makna yang ada dalam tuturan tersebut, sehingga memungkinkan komunikator atau komunikan lebih memahami maksud dan tujuan yang disampaikan. Penelitian ini, bertujuan untuk menjawab rumusan masalah bagaimana bentuk tindak tutur ilokusi pada film pendek. Analisis ini dilakukan dengan mengkategorikan jenis tindak tutur ilokusi menurut Austin dan juga Searle.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif adapun spesifikasinya adalah deskripif dengan kutipan dialog yang ada pada film “CapCipTop” sebagai sumber datanya. Hasil penelitian menujukan ada 3 bentuk tindak tutur ilokusi yang ada pada film pendek “Capciptop” yaitu deklaratif, bentuk interogatif, dan bentuk imperatif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan didapatkan lima jenis tindak tutur ilokusi dalam penelitian ini yaitu jenis asertif, jenis direktif, jenis komisif, jenis ekspresif, dan yang terakhir jenis deklaratif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Tindak tutur; Tindak Tutur Ilokusi; Film Pendek
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:37
Last Modified: 10 Oct 2023 08:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21357

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics