Implementasi fungsi manajemen dalam kegiatan ibadah di Masjid Taqwa Al-Muhajirin Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang

Janah, Miftahul (2022) Implementasi fungsi manajemen dalam kegiatan ibadah di Masjid Taqwa Al-Muhajirin Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801036112_Miftahul_Janah] Text (Skripsi_1801036112_Miftahul_Janah)
Skripsi_1801036112_Miftahul_Janah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Fungsi manajemen merupakan suatu fungsi yang harus dilaksankaan ketua organisasi atau ketua takmir untuk mrencapai tujuan yang ingin dicapai agar dapat muncul daya tarik bagi umat islam untuk berkunjung, sekalipun pada awalnya hanya utuk melaksankan sholat. kunjungan umat islam ke masjid tentu akan membawa dampak positif bagi perkembangan peran masjid dari sekedar tempat beribadah menjadi tempat pengembangan dakwah, berkomunikasi, bersilaturahmi, dan membina ukhwah islamiyah. Dengan menerapkan lima fungsi manajemen yaitu planning, organizing, comanding, coordinating dan controlling dapat memudahkan pelaksanakaan kegiatan ibadah untuk umat islam. Masjid Taqwa Al-Muhajirin telah menerapkan lima fungsi manajemen menurt hanryl fayol yang didalamnya terdapat perencanaan jangka panjang, menengah dan pendek. Pengorganisasian yang seelumnya telah di tunjuk sesuai dengan tugas masing-masing pada setiap kegiatan. Pengomandoan dalam hal ini pengurus Masjid Taqwa AL-Muhajirin melakukan pengarahan dan motivasi agar kegiatan yang direncanakan berjalan efektif dan efesien. koordinasi yang dilakukan dengan cara melakukan rapat tahunan, bulanan dan mingguan. Pengawasan yang dilakukan secara langsung dengan peninjauan pribadi dan secara tidak langsung melalui rapat, laporan pertanggungjawaban.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi fungsi manajemen dalam kegiatan ibadah di Masjid Taqwa Al-Muhajirin . Untuk mendapatkan data yang diperlukan, peneliti menggunakan sumber data primer yaitu hasil wawancara dan observasi serta data sekunder berupa jurnal, buku, dokumen.Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan implementasi fungsi manajemen pada Masjid Taqwa Al-Muhajirin sudah memenuhi lima fungsi manajemen planning, organizing, comanding, coordinating dan controlling akan tetapi masih ada program yang sudah direncanakan yaitu program kegiatan layanan pengurusan jenazah sudah direncanakan tetapi belum terlaksana hambatanya yaitu adanya aturan yang ditetapkan seperti tidak boleh menabur bunga, berdoa di makan dan pemakaman yang jauh dari warga setempat yaitu di makam gunung pati membuat masyarakat tidak mau menggunakan pelayanan pengurusan jenazah dari masjid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fungsi manajemen; Manajemen masjid; Kegiatan ibadah; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Oct 2023 01:48
Last Modified: 10 Oct 2023 01:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21363

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics