Transformasi fundraising zakat di Dompet Dhuafa Jateng

Himah, Elok Faiqotul (2022) Transformasi fundraising zakat di Dompet Dhuafa Jateng. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801036133_Elok_Faiqotul_Himah] Text (Skripsi_1801036133_Elok_Faiqotul_Himah)
Skripsi_1801036133_Elok_Faiqotul_Himah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Elok Faiqotul Himah, 1801036133 Dengan Judul “Transformasi fundraising Zakat di Dompet Dhuafa Jateng.” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan teknologi digital yang mengubah gaya hidup dan perilakunya terlebih di era digital. Selain itu, adanya Pandemi COVID-19 juga menjadikan perubahan dalam suatu lembaga. Oleh karena itu, dengan adanya perkembangan tersebut lembaga harus mampu bersaing dan memberikan inovasi-inovasi yang baru dalam fundraising zakat. Adanya transformasi memudahkan masyarakat untuk menunaikan pembayaran zakat, jangkauan masyarakat juga lebih luas dan dana yang terkumpul juga akan bertambah. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini: 1) Mengapa terjadi transformasi fundraising zakat di Dompet Dhuafa Jateng, 2) Bagaimana bentuk transformasi fundraising zakat di Dompet Dhuafa Jateng, 3) Bagaimana proses transformasi fundraising zakat di Dompet Dhuafa Jateng.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui transformasi fundraising zakat di Dompet Dhuafa Jateng, 2) mengetahui bentuk transformasi fundraising zakat di Dompet Dhuafa Jateng, 3) mengetahui proses transformasi fundraising zakat di Dompet Dhuafa Jateng. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan oleh penulis yaitu sumber data primer yang diperoleh dari wawancara dengan pihak Dompet Dhuafa Jateng. Sumber data sekunder meliputi berita, artikel, dan sumber data yang relevan dengan penelitian ini. Sementara itu, peneliti melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan informasi dan data. Peneliti menganalisis data yang terkumpul dalam tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti kemudian menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik untuk menentukan keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dompet Dhuafa Jateng sudah mengalami transformasi dan sifatnya biasa saja. Dikarenakan transformasi di Dompet Dhuafa masih kalah dengan transformasi di lembaga lain. 2) Bentuk transformasi fundraising zakat menggunakan empat metode yaitu media sosialisasi fundraising offline dan digitalisasi fundraising, sasaran, metode pembayaran dan laporan. 3) Proses transformasi fundraising zakat dilakukan secara bertahap dari website merambah ke media sosial, crowdfunding dan e-wallet.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Transformasi; Fundraising; Zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:07
Last Modified: 10 Oct 2023 02:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21366

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics