Pengaruh persepsi muzakki tentang transparansi, akuntabilitas Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Kendal terhadap minat membayar zakat

Safitri, Sely Indriani (2022) Pengaruh persepsi muzakki tentang transparansi, akuntabilitas Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Kendal terhadap minat membayar zakat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801036147_Sely_Indriani_Safitri] Text (Skripsi_1801036147_Sely_Indriani_Safitri)
Skripsi_1801036147_Sely_Indriani_Safitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Sely Indriani Safitri. 1801036147, Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi penelitian dengan judul “Pengaruh Persepsi Muzakki Tentang Transparansi, Akuntabilitas Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Kendal”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh persepsi muzakki tentang Transparansi, Akuntabilitas Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Kendal. Persepsi muzakki tentang transparansi, Akuntabilitas harus diperhatikan guna meningkatkan minat muzakki dalam membayar zakat. Persepsi muzakki ini tentunya sangat penting dalam Lembaga Amil Zakat (LAZ), karena dapat mengetahui dan mengevaluasi apa yang masih kurang dalam Lembaga Amil Zakat (LAZ) tersebut.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, untuk mendapatkan data peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder. Pada teknik pengumpulan data menggunakan cara kuesioner yang disebarkan pada sampel yang sudah ditentukan dan dokumentasi. Peneliti menganilisis data dengan beberapa analisis yaitu, analisis statistik deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas dan uji heterokedastisitas), analisis uji hipotesis (uji F dan uji t), analisis regresi sederhana, dan koefisien determinan.
Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa persepsi muzakki tentang transparansi, Akuntabilitas Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) sudah cukup baik dengan nilai sebesar 3,9 dengan sebaran nilai standar deviasi sebesar 0,815. Tidak hanya itu bahwa minat membayar zakat di Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) memiliki nilai yang baik juga sebesar 3,91 dengan sebaran nilai standar deviasi sebesar 0,778. Sehingga persepsi muzakki tentang transparansi, Akuntabilitas Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) berpengaruh secara signifikan terhadap minat membayar zakat dengan nilai sebesar 11,297 dan dinyatakan persepsi muzakki tentang transparansi, Akuntabilitas berpengaruh terhadap minat membayar zakat. Sedangkan hasil Uji F dengan nilai sebesar 127,627 yang dapat dinyatakan juga bahwa persepsi muzakki tentang transparansi, Akuntabilitas berpengaruh terhadap minat membayar zakat. Sementara hasil regresi linier sederhana diperoleh nilai b = 0,256 dan bertanda positif, yang berarti setiap peningkatan 1 satuan variabel persepsi muzakki tentang transparansi, akuntabilitas akan diikuti dengan kenaikan minat membayar zakat sebesar 0,256, dan dapat dilihat pula nilai R Square sebesar 0,566 atau sebesar 56,6 % yang berarti bahwa Persepsi Muzakki tentang Transaparansi, Akuntabilitas pada Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Nadhlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Kendal memiliki pengaruh yang simultan terhadap minat membayar zakat. Sedangkan 44,4 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat; LAZISNU; Persepsi; Transparansi; Akuntabilitas; Minat; Muzakki
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:24
Last Modified: 10 Oct 2023 02:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21370

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics