Manajemen ri’ayah Masjid Agung Brebes

Caskiah, Kiki (2022) Manajemen ri’ayah Masjid Agung Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801036161_Kiki_Caskiah] Text (Skripsi_1801036161_Kiki_Caskiah)
Skripsi_1801036161_Kiki_Caskiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kiki Caskiah (1801036161). "Manajemen Ri’ayah Masjid Agung Brebes". Masjid merupakan salah satu unsur terpenting dalam agama Islam, selain fungsi utama masjid ssebagai tempat beribadah kepada Allah SWT, masjid juga sebagai pusat pensucian diri bagi umat Islam. Hal ini harus mendapat perhatian penuh dari masyarakat muslim baik dari segi tampilan bangunan maupun pengelolaannya, agar masjid dapat membawa kemaslahatan dan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. Manajemen masjid sangat penting dalam proses pemeliharaan masjid. Manajemen masjid dapat membantu dalam pengelolaan masjid menciptakan takmir masjid untuk mencapai tujuannya secara efektif dan efisien. Selain masjid sebagai tempat ibadah dan kegiatan keagamaan yang berlangsung di sana, bentuk fisik bangunan/arsitektur dan kelayakan bangunan juga harus diperhatikan karena masjid harus dihormati dan dilestarikan. Pada Penelitian ini, penulis memfokuskan pada dua rumusan masalah yaitu; 1) Bagaimana Sarana prasaranan yang dapat menunjaang jama’ah untuk beribadah di Masjid Agung Brebes? 2) Bagaimana Manajemen Ri'ayah Masjid Agung Brebes?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana sarana prasarana yang dapat menunjang jama’ah beribadah di Masjid Agung Brebes, 2) Mengetahui bagaimana manajemen ri’ayah Masjid Agung Brebes. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan melakukan pendekatan manajemen dan menggunakan metode pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian di lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari hasil studi pustaka. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknik cara berfikir induktif yaitu suatu cara berfikir yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus dan konkrit, teknik induktif yaitu penggalian data-data di lapangan kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data lalu ditarik kesimpulan.
Hasil studi penelitian menunjukan bahwa Masjid Agung Brebes dalam hal pemeliharaan sudah berjalan dengan lancar, sarana dan prasarana yang ada di masjid untuk dapat menunjang jama’ah beribadah juga sudah memadai, walau masih banyak yang harus di kembangkan, mulai dari pelayanan pengurus masjid, tempat wudlu, kamar kecil, tempat parker dan masih ada beberapa tempat jarang digunakan sehingga kondisinnya kurang terawat seperti ruang UKS, dan ruangan lantai 2, karena kebanyakan setiap kegiatan dilakukan di lantai1 atau di aula masjid. Masjid Agung Brebes juga sudah menerapkan 4 fungsi manajemen dalam setiap penglolaan pemeliharaan masjid yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen masjid; Ri’ayah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:52
Last Modified: 10 Oct 2023 02:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21373

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics