Pengarusutamaan moderasi beragama melalui media sosial UIN Walisongo Semarang

Syafi’i, Ahmad (2022) Pengarusutamaan moderasi beragama melalui media sosial UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1701026028_AHMAD_SYAFI’I_SKRIPSI] Text (1701026028_AHMAD_SYAFI’I_SKRIPSI)
1701026028_Ahmad Syafii_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dampak dari media sosial telah mempengaruhi kehidupan sosial dalam masyarakat, termasuk nilai, sikap dan pola perilaku pengguna media sosial. Adanya narasi dan konten-konten ujaran kebencian, intoleran, dan berita hoaks, serta munculnya isu-isu konservatif agama akan semakin memperkeruh suasana di media sosial. Maka dari itu perlunya menggaungkan dan menyebarluaskan gagasan moderasi beragama melalui media sosial, sebagai upaya memberikan pemahaman sikap moderat, sikap toleran dan saling menghormati antar sesama.
Tujuan penelitian ini menjelaskan tentang cara pengarusutamaan moderasi beragama melalui media sosial UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan pengurus Rumah Moderasi Beragama (RMB) dan Subbag. Humas Informasi UIN Walisongo, serta pengamatan melalui dokumentasi media sosial UIN Walisongo Semarang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa UIN Walisongo Semarang telah menggaungkan konsep moderasi beragama secara stategis dalam bentuk strategi dan inisiasi kegiatan dalam pengarusutamaan moderasi beragama melalui media sosialnya. Baik berupa narasi dan informatif melalui website dari hasil kegitan-kegiatan yang telah dilaksanakan, serta dengan unggahan konten-konten, video, film, meme melalui YouTube, Instagram, Facebook dan Twitter. UIN Walisongo menjadikan media sosial sebagai salah satu sarana peran strategis dalam mensyiarkan Islam moderat untuk melawan ujaran kebencian, intoleransi, isu konservatif agama dan berita hoaks yang sering muncul di media sosial, serta menjadikan tolak ukur indikator moderasi beragama Kemenag RI sebagai langkah penyebaran nilai-nilai kemanusiaan, dan kerukunan umat beragama. Tantangan dan kendala yang dihadapi UIN Walisongo di level kebijakan belum ditemukan dokumen terkait penguatan moderasi beragama di UIN Walisongo melalui media sosial baik dalam Rencana Strategis (RENSTRA) maupun Rencana Induk Pengembangan (RIP) dan belum sepenuhnya konsen pada penerapan moderasi beragama melalui media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama; Media Sosial; UIN Walisongo
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:14
Last Modified: 10 Oct 2023 04:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21378

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics