Analisis kinerja bank umum syariah di Indonesia ditinjau dari Comparative Performance Index (CPI) dan Maqasid Syariah Index (MSI) (studi pada laporan keuangan tahunan periode 2014-2018)

Ni’mah, Via Alfa Alfi Khulwatun (2020) Analisis kinerja bank umum syariah di Indonesia ditinjau dari Comparative Performance Index (CPI) dan Maqasid Syariah Index (MSI) (studi pada laporan keuangan tahunan periode 2014-2018). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605036052_VIA_ALFA_ALFI_K.N] Text (SKRIPSI_1605036052_VIA_ALFA_ALFI_K.N)
1605036052_VIA ALFA ALFI K.N__Full Skripsi - Via Alfa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pada sektor perbankan syariah di Indonesia, baik dari faktor keuangan dan profitabilitas maupun segi kesesuaian syariah atau maqashid syariah. Pengukuran kinerja bank umum syariah dari aspek syariah sangatlah penting untuk dilakukan, karena perbedaan bank konvensional dengan bank syariah dari segi kinerjanya merupakan tujuan penulis dalam melakukan penelitian yaitu dengan menganalisis kinerja bank umum syariah di Indonesia baik dari profitabilitas yang menggunakan teknik CPI (Comparative Performance Index) maupun dari segi Maqashid Syariah yang mengguankan teknik MSI (Maqashid Syariah Index),
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik The Simple Additive Weighting (SAW) atau metode pembobotan indeks kinerja, penentuan peringkat dan kemudian akan dibandingkan melalui diagram kartesius. Sampel penelitian yaitu Bank Muamalat Indonesia, BNI Syariah, BRI Syariah, Bank Syariah Mandiri, Bank Panin Dubai Syariah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa BNI Syariah memperoleh nilai tertinggi dari kinerja keduanya baik profitabilitas maupun Maqashid syariah sebesar 100 dan 1.6713 dari kelima bank umum syariah lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa BNI Syariah telah melaksanakan kedua kinerja tersebut dengan baik. Sedangkan Nilai terendah dari kinerja profitabilitas mapun maqashid syariah pada lima bank umum syariah di Indonesia ini diperoleh oleh Bank Panin Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: BUS; Profitabilitas; Maqashid Syariah Index (MSI)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:57
Last Modified: 10 Oct 2023 06:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21386

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics