Analisis resepsi anak penghafal al-quran terhadap berita dampak negatif gadget di detik.com : studi di Desa Gedangan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan

Salsabillah, Hanum (2022) Analisis resepsi anak penghafal al-quran terhadap berita dampak negatif gadget di detik.com : studi di Desa Gedangan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of 1801026011_HANUM_SALSABILLAH_SKRIPSI] Text (1801026011_HANUM_SALSABILLAH_SKRIPSI)
1801026011_Hanum Salsabillah_Full Skripsi - Hanum salsabillah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Hanum Salsabillah, NIM 1801026011, 2022. Analisis Resepsi Anak Penghafal Al-Quran terhadap Berita Dampak Negatif Gadget di Detik.com (Studi di Desa Gedangan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan)

Kehadiran gadget merupakan bukti dari kemajuan zaman, namun dilain sisi tidak bisa mengingkari bahwa gadget membawa dampak negatif, di sebagian wilayah anak-anak mulai merasakan dampak negatif dari gadget. Media memiliki andil besar dalam menyampaikan pemberitaan. Resepsi khalayak memiliki hubungan erat dengan pesan yang disampaikan media.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui penerimaan khalayak terhadap berita dampak negatif gadget di detik.com. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang kemudian dikaji melalui pendekatan komunikasi berdasarkan kajian Stuart Hall. Sumber data penelitiannya yaitu sumber data primer dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles Huberman yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa resepsi anak penghafal al-Quran terhadap berita dampak negatif gadget di detik.com menempati pada tiga posisi yang berbeda, yaitu hegemoni dominan, negosiasi, dan oposisi. Posisi negosiasi merupakan posisi yang mendominasi pada hasil penelitian ini, sehingga memberikan temuan bahwa terdapat kode-kode yang dinegosiasikan terhadap berita dampak negatif gadget di detik.com, anak-anak penghafal al-Quran menerima pesan berita dampak negatif gadget namun mereka berpendapat bahwa gadget bisa digunakan sebagai metode dalam menghafalnya. Maka dalam hal ini anak-anak penghafal al-Quran merupakan khalayak aktif dalam menerima pesan berita dampak negatif gadget di detik.com. Dalam implementasinya masyarakat perlu cermat dalam memilih berita yang dapat dipercaya, karena pemberitaan yang baik adalah pemberitaan yang bisa memberikan pengetahuan kepada khalayak yang membacanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Resepsi; Penghafal Al-Quran; Berita; Dampak Gadget
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.22 Kinds of communication
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Oct 2023 10:45
Last Modified: 10 Oct 2023 10:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21407

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics