Analisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, dan tingkat pengangguran terbuka terhadap indeks pembangunan manusia dalam perspektif ekonomi Islam di Provinsi Lampung tahun 2018-2022

Puspita, Shintia Adelia (2023) Analisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, dan tingkat pengangguran terbuka terhadap indeks pembangunan manusia dalam perspektif ekonomi Islam di Provinsi Lampung tahun 2018-2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905026017_Shintia_Adelia_Puspita] Text (Skripsi_1905026017_Shintia_Adelia_Puspita)
1905026017_Shintia Adelia Puspita_Lengkap_Tugas_Akhir - Shintia Adelia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan tolak ukur pembangunan suatu daerah yang berkorelasi negatif terhadap kemiskinan di daerah tertentu. Jika suatu daerah memiliki IPM yang tinggi, idealnya kualitas hidup masyarakat juga tinggi atau dapat dikatakan bahwa jika nilai IPM tinggi, maka jumlah penduduk miskin dan pengangguran akan berkurang. Tetapi nyatanya di Provinsi Lampung saat IPM mengalami peningkatan tingkat kemiskinan dan pengangguran juga naik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, dan tingkat pengangguran terbuka terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dalam perspektif Ekonomi Islam di Provinsi Lampung tahun 2018-2022.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari Badan Pusat Statistik dengan sampel penelitian yang terdiri dari 15 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Lampung. Data tersebut terdiri dari data pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, Tingkat Pengangguran Terbuka, dan Indeks Pembangunan Manusia. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang sebelumnya telah melewati tahap uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji-F dan uji-t), dan uji determinasi (R2). Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS16. Anlisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif.
Dari hasil hipotesis secara simultan (uji-F) menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi, kemiskinan, dan Tingkat Pengangguran Terbuka berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Berdasarkan hasil hipotesis secara parsial (uji-t) menunjukkan bahwa kemiskinan dan Tingkat Pengangguran Terbuka berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sedangkan pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan ekonomi; kemiskinan; tingkat pengangguran terbuka; indeks pembangunan manusia (IPM)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:59
Last Modified: 11 Oct 2023 03:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21417

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics