Pengaruh kualitas layanan, kemudahan, dan religiusitas terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan BSI Mobile dengan kepuasan sebagai variabel intervening : studi kasus nasabah BSI Kcp Semarang Sudiarto

Dewi, Arimbi Fernanda Machrisa (2023) Pengaruh kualitas layanan, kemudahan, dan religiusitas terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan BSI Mobile dengan kepuasan sebagai variabel intervening : studi kasus nasabah BSI Kcp Semarang Sudiarto. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036034_Arimbi Fernanda M.D_Lengkap] Text (Skripsi_1905036034_Arimbi Fernanda M.D_Lengkap)
Skripsi_1905036034_Arimbi Fernanda M.D_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan teknologi informasi bank umum, implementasi Internet Banking dalam bentuk BSI mobile merupakan aplikasi atau penerapan teknologi informasi yang terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang menginginkan layanan yang cepat, aman, nyaman dan mudah diakses setiap saat serta dapat diakses dari mana saja. Kualitas layanan, kemudahan dan tingkat religiusitas yang terdapat pada BSI Mobile akan membuat nasabah merasa puas dan akan loyal dalam menggunakan BSI Mobile. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kemudahan, dan religiusitas terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening (mediasi).
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu incidental sampling. Populasi dalam penelitian ini merupakan nasabah BSI KCP Semarang Sudiarto. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi dan path analysis (analisis jalur). Data yang didapat dalam penelitian ini kemudian diolah menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan, kemudahan, dan religiusitas secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah BSI KCP Semarang Sudiarto dalam menggunakan BSI Mobile. Pada variabel kualitas layanan dan kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadp kepuasan. Namun variabel religiusitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan BSI Mobile. Sedangkan variabel kualitas layanan, kemudahan, dan religiusitas tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel loyalitas melalui variabel kepuasan (variabel mediasi).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas layanan; Kemudahan; Religiusitas, Loyalitas, Kepuasan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Oct 2023 06:27
Last Modified: 11 Oct 2023 06:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21429

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics