Teknik sinematografi dalam adegan bersentuhan dan berdekatan pada film Islam “Udah Putusin Aja!”

Zainudin, Zainudin (2022) Teknik sinematografi dalam adegan bersentuhan dan berdekatan pada film Islam “Udah Putusin Aja!”. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1801026031_ZAINUDIN_SKRIPSI] Text (1801026031_ZAINUDIN_SKRIPSI)
1801026031_Zainudin_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Zainudin, 1801026031. Teknik Sinematografi dalam Adegan Bersentuhan dan Berdekatan pada Film Islam “Udah Putusin Aja!”. Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Dalam berbagai film, sering dijumpai adegan bersentuhan antar lawan jenis selayaknya dalam film seorang aktor memerankan adegan pasangan yang muhrim atau keluarga kerabat dekat yang cukup relevan dengan kejadian-kejadian di dunia nyata, kemudian diadegankan dalam film. Namun dalam kenyaatan, adegan tersebut tidak diperbolehkan untuk orang yang bukan muhrimnya. Dalam film teknik sinematografi merupakan seni mengambil gambar yang dapat dilakukan sebuah treatmen, seperti yang ditawarkan oleh film “Udah Putusin Aja!” yang mencoba menerapkan nilai-nilai syar’I dalam proses produksinya terutama dalam teknik pengambilan gambar sinematografinya. Dari hal tersebut, penelitian ini berfokus pada treatment penggunaan teknik sinematografi film “Udah Putusin Aja!” dalam adegan bersentuhan dan berdekatan laki-laki dan perempuan sesuai dengan etika bergaul dalam Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Motode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengen fokus penelitian pada teknik sinematografi film Islam “Udah Putusin Aja!” dalam adegan bersentuhan dan berdekatan laki-laki dan perempuan yang berjumlah berjumlah 15 scene. Analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman dengan teori dasar teknik sinematografi Joseph V Mascelli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Film; Teknik Sinematografi; Adegan; Etika; Film Islam
Subjects: 700 The arts > 770 Photography and photographs > 777 Cinematography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 11 Oct 2023 10:42
Last Modified: 11 Oct 2023 10:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21456

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics