Pengaruh digital marketing dan brand image terhadap keputusan generasi z dalam menggunakan Bank Syariah Indonesia : studi kasus mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang tahun 2019-2022 pengguna produk Bank Syariah Indonesia

Sari, Anisa Cipta (2023) Pengaruh digital marketing dan brand image terhadap keputusan generasi z dalam menggunakan Bank Syariah Indonesia : studi kasus mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang tahun 2019-2022 pengguna produk Bank Syariah Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036075_Anisa Cipta Sari_Lengkap] Text (Skripsi_1905036075_Anisa Cipta Sari_Lengkap)
Skripsi_1905036075_Anisa Cipta Sari_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa Bank Syariah Indonesia merupakan bank syariah terbesar di Indonesia, namun penggunanya masih terbilang cukup kecil dibandingkan dengan bank pesaing lainnya, apalagi jika dilihat bahwa populasi muslim terbesar berada di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh digital marketing dan brand image terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2019-2022 pengguna produk Bank Syariah Indonesia. Adapun dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, serta data yang diperoleh merupakan data primer dengan menggunakan bantuan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2019-2022 pengguna produk Bank Syariah Indonesia. Adapun dalam pengambilan sampel, penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Besaran sampel pada penelitian ini adalah sejumlah 96 mahasiswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel Digital Marketing (X1) memiliki pengaruh namun tidak signifikan terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2019-2022 dalam menggunakan produk Bank Syariah Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0.378 > 0.05 atau dengan t hitung 0.886 < t tabel 1.985. Sedangkan untuk variabel Brand Image (X2) diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan brand image terhadap keputusan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Angkatan 2019-2022 dalam menggunakan produk Bank Syariah Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0.05 atau dengan t hitung 8.170 > t tabel 1.985. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi brand image Bank Syariah Indonesia di mata pengguna, akan berdampak pula kepada semakin besarnya tingkat keputusan dalam menggunakan Bank Syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Digital marketing; Brand image; Bank Syariah Indonesia
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:58
Last Modified: 12 Oct 2023 02:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21465

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics