Pengaruh islamic corporate governance dan sharia compliance terhadap terjadinya fraud di perbankan syariah (studi kasus bank umum syariah tahun 2018-2022

Wakhidah, Wakhidah (2023) Pengaruh islamic corporate governance dan sharia compliance terhadap terjadinya fraud di perbankan syariah (studi kasus bank umum syariah tahun 2018-2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036080_Wakhidah_Lengkap] Text (Skripsi_1905036080_Wakhidah_Lengkap)
Skripsi_1905036080_Wakhidah_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Bank Umum Syariah merupakan salah satu lembaga keuangan yang menjalankan kegiatan operasionalnya dengan berlandaskan prinsip syariah. Maraknya kasus Fraud yang terjadi di Bank Umum Syariah menjadi salah satu bukti bahwa Bank Umum Syariah walaupun sudah menggunakan sistem operasional bank syariah tetap saja tidak dapat terlepas dari kasus kecurangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh Islamic Corporate Governance (ICG) dan Sharia Compliance terhadap Bank Umum Syariah di Indonesia. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Islamic Corporate Governance (ICG) dan variabel Sharia Compliance yang di proksikan menjadi tiga proksi yaitu variabel Islamic Income Ratio (IsIR), Profit Sharing Ratio (PSR), dan Islamic Invesment Ratio (IIR). Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fraud pada Bank Umum Syariah.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis data sekunder. Metode analisis yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode regresi data panel. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selama periode 2018 sampai dengan 2022. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Total sampel yang diperoleh pada penelitian ini adalah sebanyak 8 Bank Umum Syariah dengan periode 5 tahun. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Islamic Income Ratio (IsIR) berpengaruh signifikan terhadap terjadinya Fraud pada bank syariah sedangkan Islamic Corporate Governance (ICG), Profit Sharing Ratio (PSR) dan Islamic Invesment Ratio (IIR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Fraud pada bank syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perusahaan Islam; Kepatuhan syariah; Penipuan; Bank syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:59
Last Modified: 12 Oct 2023 03:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21469

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics