strategi komunikasi radio kasihku 106.9 fm dalam mempertahankan keberlanjutan program dakwah kajian pagi

Sarimawati, Sarimawati (2022) strategi komunikasi radio kasihku 106.9 fm dalam mempertahankan keberlanjutan program dakwah kajian pagi. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1701026032_SARIMAWATI_SKRIPSI] Text (1701026032_SARIMAWATI_SKRIPSI)
1701026032_Sarimawati_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sarimawati (1701026032) Strategi Komunikasi Radio Kasihku 106.9 FM dalam Mempertahankan Keberlanjutan Program Dakwah Kajian Pagi.

Kehadiran media digital yang lebih diminati masyarakat menjadi tantangan baru bagi keberlanjutan program siaran radio. Hal ini membuat radio dituntut untuk memiliki strategi dalam mempertahankan keberlanjutan program siarannya. Radio Kasihku FM merupakan salah satu media yang memiliki program siaran yang berkelanjutan hingga saat ini. yakni program Kajian Pagi yang sudah siaran sejak tahun 1989. Untuk mempertahankan program Kajian Pagi, radio Kasihku FM memiliki strategi yang mereka gunakan agar keberlanjutan program siaran ini tetap terjaga. Dalam pembahasannya, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa strategi komunikasi yang digunakan oleh radio Kasihku FM dalam mempertahankan keberlanjutan program dakwah Kajian Pagi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh radio Kasihku FM dalam mempertahankan keberlanjutan program dakwah Kajian Pagi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan radio Kasihku FM dalam mempertahankan keberlanjutan program Kajian Pagi adalah bahwa radio Kasihku FM mengadopsi strategi komunikasi Sydney W. Head, yaitu strategi kesesuaian (compability) yang diterapkan dalam penjadwalan program dan pemilihan tipe program, pembentukan kebiasaan (habit formation) diterapkan dalam bentuk menyajikan programnya secara teratur dengan menyesuaikan rundown acara dan tidak adanya sisipan iklan saat kajian berlangsung, pengontrolan arus pendengar (control of audience flow) diterapkan dengan menjadikan penyiar sebagai kunci utama program, menetapkan standar mutu dan melakukan evaluasi, pemeliharaan sumber program (conservation of program resources) dengan cara menjaga ketersediaan sumber materi program dan perawatan perangkat siaran dan strategi daya penarik masa (mass appeal) untuk menarik pendengar radio Kasihku FM menerapkan pada daya tarik program dan daya tarik dari segi timing program. Dengan penerapan strategi komunikasi yang diaplikasikan radio Kasihku FM tersebut dapat mempertahankan keberlanjutan program Kajian Pagi selama 30 tahun sejak tahun 1989.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Strategi Komunikasi; Komunikasi; Keberlanjutan Program, Kajian Pagi; Radio Kasihku FM.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 12 Oct 2023 04:46
Last Modified: 12 Oct 2023 04:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21472

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics