Pesan deradikalisasi podcast kafe toleransi BNPT TV di era pandemi

Wahyuni, Ramadhani Sri (2022) Pesan deradikalisasi podcast kafe toleransi BNPT TV di era pandemi. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1801026032_RAMADHANI_SRI_WAHYUNI_SKRIPSI] Text (1801026032_RAMADHANI_SRI_WAHYUNI_SKRIPSI)
1801026032_Ramadhani Sri Wahyuni_Full Skripsi - Ramadhani Sri Wahyuni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Selama tiga tahun terakhir penangkapan terorisme meningkat. Kejadian tersebut menjadi gambaran penyebaran radikalisme yang terus menyebar meskipun dunia sedang dilanda pandemi. Penyebaran ideologi radikal harus diimbangi dengan penebaran pesan-pesan deradikalisasi, sehingga bisa melunturkan paham-paham radikalisme yang sudah dianut oleh para terorisme.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui isi pesan deradikalisasi yang ada di podcast “Kafe Toleransi”. Penelitian ini menggunakan metode kualititatif, pendekatan deskriptif dengan analisis isi (content analysis). Metode kualitatif cocok digunakan untuk meneliti data-data yang bersumber dari kalimat-kalimat yang disampaikan komunikator yang dipilih, yakni di episode “Bagaimana Ulama Menyuarakan Paham Moderasi Beragama”, “Ada Apa dengan BNPT dan HMI?”, “Merawat Nilai Toleransi dan Kebhinekaan Melalui Festival Banyuwangi- H Sugirah Wabup Banyuwangi” dan episode “Bicara Budaya, Tradisi dan Agama bersama Gus Ulil”.
Hasil penelitian ini pesan deradikalisasi podcast “Kafe Toleransi” BNPT TV di era pandemi berisikan pesan keagamaan mengemas pelurusan makna jihad, pemahaman perbedaan mazhab dan juga tentang Islam rahmatan lil’alamin, pesan kebangsaan sebagai salah satu cara untuk menyelesaikan kesalahpahaman terhadap cara pandang kehidupan keberagaman dalam bernegara mengenai Islam yang harus diteggakkan. Kemudian pesan damai deradikalisasi bisa diwujudkan melalui pendekatan psikologis untuk menyampaikan pesan damai lebih ‘halus’. Dalam hal ini, komunikasi dan empati menjadi inti untuk menggandeng para kelompok radikal meninggalkan kelompoknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Terorisme; Pesan Deradikalisasi; Podcast
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 12 Oct 2023 07:56
Last Modified: 12 Oct 2023 07:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21484

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics