Pembentukan kepribadian anak dengan nilai tasawuf menurut Imam al Ghazali : studi Kitab Ayyuhal Walad

Alifah, Rifda Nur (2023) Pembentukan kepribadian anak dengan nilai tasawuf menurut Imam al Ghazali : studi Kitab Ayyuhal Walad. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046085_Rifda_Nur_Alifah] Text (Skripsi_1804046085_Rifda_Nur_Alifah)
Skripsi_1804046085_Rifda_Nur_Alifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Melihat banyaknya fenomena anak-anak yang memiliki kepribadiann yang tidak sehat seperti halnya suka berbohong, kurang memiliki rasa tanggung jawab, kurang bergairah dalam menjalani kehidupan, kurang memiliki kesadaran uuntuk mentaati ajaran agama, dan ketidakmampuan menghidar dari perilaku menyimpang. Dari fenomena tersebut banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satu bentuk penanganan ketidak sehatan kepribadian yang dimiliki anak anak, perlu sekali penanaman nilai-nilai agama dalam diri anak dengan nilai tasawuf yang dilakukan sejak anak dini sebagai dasar awal bagi anak. Nilai-nilai tasawuf menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad dianggap cocok sebagai dasar penelitian ini, karena bentuknasihat nasihat yang dapat membentuk kepribadian anak. Dari sinilah peenetian dilakukan.
Penelitian ini menggunakan metode Library Research (Studi kepustakaan), melaalui pendekataan kualitatif, dengan sumber data berupa kitab imam Al-Ghzali. Pengumpulan data melalui pengamatan terhadap sumber data baik primer aatau sekunder. Analisis data dilakukan dengan tiga cara reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam kitab Ayyuhal Walad mengandung nilai tasawuf yang dapat dikaitkan dengan konsep pembentukan kepribadian yang diterapkan kepada anak yang akan membentuk kepribadian seiring bertambahnya usia. Dalam penelitian ini konsep kepribadian drive,cue,response, dan reinforsmen berkaitan dengan pembentukan kepribadian ikhlas, pembentukan kepribadian taubat, pembentukan kepribadian tawakal, pembentukan kepribadian istiqomaah dan pemebentukan kepribadian mahabbah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepribadian anak; Nilai tasawuf; Imam al Ghazali
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:08
Last Modified: 12 Oct 2023 08:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21485

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics