Motivasi jamaah tarekat : studi kasus pengikut Tarekat Shiddiqiyyah di Desa Sambung Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan

Pamungkas, Rizky Kurnia Putra (2022) Motivasi jamaah tarekat : studi kasus pengikut Tarekat Shiddiqiyyah di Desa Sambung Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046089_Rizky_Kurnia_Putra_Pamungkas] Text (Skripsi_1804046089_Rizky_Kurnia_Putra_Pamungkas)
Skripsi_1804046089_Rizky_Kurnia_Putra_Pamungkas.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan penyucian jiwa yang terbaik adalah dengan berkhalwat, dan dilalui dengan ajaran seorang guru, serta dibimbing oleh seorang syekh. Pemikiran inilah yang mengantarkan pada terbentuk dan lahirnya ajaran beribadah dengan tarekat. Terdapat beberapa faktor yang bisa menjadi pengaruh bagi seseorang untuk bergabung menjadi suatu anggota tarekat, salah satunya yakni dengan adanya motivasi. Jamaah tarekat Shiddiqiyyah telah melaksanakan pengajian secara rutin pada setiap malam minggu yang menandakan jamaah nya yang aktif dalam setiap kegiatan. Ditemukan sisi menarik bahwa pengajian dan kegiatan dari tarekat ini banyak diminati dan diikuti oleh jamaah di lingkungan majelis tarekat tersebut maupun berasal dari luar daerah. Akan tetapi, hal tersebut sifatnya bukanlah paksaan maupun kewajiban akan tetapi memang murni berdasarkan minat dari masing-masing individu untuk mengikuti kegiatan tarekat. Selain itu ditemukan hal menarik berikutnya peneliti menemukan perbedaan antara motivasi berdasarkan fase usia jamaah, dalam setiap usia atau kelompok usia memiliki rata-rata permasalahan yang cukup sama sebelum mengikuti tarekat Shidiqiyyah berdasarkan fase usia masing-masing jamaah. Sehingga masing-masing fase usia memiliki motivasi yang berbeda sesuai dengan masalah yang sedang para jamaah hadapi, seperti motivasi yang muncul karena permasalahan keluarga, kesulitan ekonomi, dan masih banyak motivasi dari masing-masing fase usia jamaah. Dari hal tersebut, menghasilkan rumusan masalah apakah motivasi pengikut tarekat Shiddiqiyah di Desa Sambung Kecamatan Godong Kabupaten serta adakah perbedaan motivasi diantara jamaah pengikut tarekat tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Secara umum dapat dikelompokkan bahwa motivasi yang diawali oleh motivasi intrinsik meliputi motif karena keresahan tidak memanfaatkan waktu luang untuk beribadah, keinginannya untuk mencari kebermaknaan, kekhusyu’an, dan haus akan amalan yang dilakukan secara rutin, mengalami cobaan atau permasalahan hidup, serta yang terakhir motif yang muncul karena permasalahan hidup akibat dari kenakalan yang diperbuat. Sedangkan secara umum motivasi ekstrinsik yang mengawali munculnya motivasi intrinsik adalah karena motivasi diajak oleh teman, dan muncul rasa takjub dan rasa menyukai kepada salah satu jamaah tarekat Shiddiqiyyah. Terdapat perbedaan motivasi antara pengikut tarekat Shiddiqiyyah di Desa Sambung Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan yaitu rata-rata pengikut tarekat Shiddiqiyyah pada fase usia lansia motivasi mereka dalam mengikuti tarekat berangkat dari pengaruh orang lain (ekstrinsik). Sedangkan bagi fase usia dewasa dan pemuda rata-rata motivasi mereka dikarenakan adanya kesadaran untuk menjadi lebih baik (intrinsik).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Jamaah tarekat; Tarekat Shiddiqiyyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.48 Sufi orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:18
Last Modified: 12 Oct 2023 08:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21487

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics