Analisis penerapan komunikasi profetik dalam pemberitaan penyandang disabilitas di tempo.co

Mulyawati, Nia (2022) Analisis penerapan komunikasi profetik dalam pemberitaan penyandang disabilitas di tempo.co. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1901026101_NIA_MULYAWATI_SKRIPSI] Text (1901026101_NIA_MULYAWATI_SKRIPSI)
1901026101_Nia Mulyawati_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Nia Mulyawati, 1901026101, Analisis Penerapan Komunikasi Profetik dalam Pemberitaan Penyandang Disabilitas di Tempo.co
Pemberitaan penyandang disabilitas di Indonesia masih sangat minim dan dianggap dapat merugikan penyandang disabilitas karena keberadaan teks tersebut merupakan bentuk konstruksi sosial. Penggunaan teks dalam media yang menuliskan berita mengenai penyandang disabilitas cenderung mendiskriminasi dan menggunakan kata-kata yang tidak pantas dan dapat menyakiti mereka, seperti penggunaan kata cacat, tuli, gagu, bodoh, idiot dan lain sebagainya. Teks tersebut dianggap menyakiti mereka karena terkesan merendahkan dan tidak ada unsur kemanusiaan. Contoh penggunaan kalimat tersebut dianggap tidak pantas, diskriminatif dan dapat menyakiti penyandang disabilitas termuat dalam Suara.com, Suarajogja.id dan Kagama.co yang menuliskan berita penyandang disabilitas menggunakan kata “tuli” dan “cacat”. Oleh karena itu, penting bagi jurnalis untuk menggunakan kalimat yang tidak mendiskriminasi dan menyakiti penyandang disabilitas karena bagaimanapun mereka merupakan manusia yang memiliki hak sama di kalangan publik. Berkaitan dengan hal tersebut, komunikasi profetik menjadi salah satu pionir untuk menempatkan posisi penyandang disabilitas setara dengan non disabilitas. Oleh karena itu penulis tertarik meneliti hal tersebut dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi profetik diterapkan dalam pemberitaan penyandang disabilitas pada media online Tempo.co
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik analisis isi (content analysis). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dengan menganalisis sumber data primer yang diperoleh dalam rubrik difabel Tempo.co periode Juni-September 2022. Hasilnya, Tempo.co telah menerapkan komunikasi profetik dalam pemberitaan penyandang disabilitas yang terdiri dari komunikasi profetik humanisasi dan liberasi. Terkait penerapan komunikasi profetik transendensi pada pemberitaan penyandang disabilitas di Tempo.co belum banyak dimuat. Meski demikian, bukan berarti Tempo.co tidak mementingkan aspek transendensi dalam pemberitaannya. Akan tetapi, dikarenakan kurangnya pembahasan mengenai nilai transendendal pada pemberitaan penyandang disabilitas Tempo.co. Penerapan ketiga nilai komunikasi profetik tersebut dilakukan melalui penggunaan kata, kalimat, konteks berita dan cara penyampaian informasi yang sesuai dengan indikator komunikasi profetik humanisasi, liberasi dan transendensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Profetik; Pemberitaan; Penyandang Disabilitas; Tempo.co
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:39
Last Modified: 12 Oct 2023 08:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21491

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics