Persepsi dai terhadap dakwah melalui media youtube : studi dakwah di Desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang)

Firdausia, Nabila (2022) Persepsi dai terhadap dakwah melalui media youtube : studi dakwah di Desa Pegiringan Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1801026066_NABILA_FIRDAUSIA_SKRIPSI] Text (1801026066_NABILA_FIRDAUSIA_SKRIPSI)
1801026066_Nabila Firdausia_Lengkap_Tugas_Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Persepsi dai sangat penting untuk diketahui, karena persepsi atau pandangan dai akan berpengaruh terhadap jalannya atau proses dakwah. Dalam proses dakwah dai perlu memperhatikan unsur-unsur dakwah dan youtube merupakan salah satu media dakwah yang sering digunakan dai di era perkembangan teknolgi ini. Pemilihan media dalam penyampaian dakwah harus tepat sesuai mad’u. Jadi sangat perlu mengetahui persepsi dai terhadap dakwah yang disampaikan menggunakan media dakwah youtube.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif yang dimana peneliti ini mendeskripsikan fenomena secara tepat bukan hanya dengan data tetapi juga dengan mengamati dan menganalisis bentuk persepsi-persepsi beberapa da’i mengenai dakwah melalui media youtube. Data diperoleh dan dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi dan wawancara secara mendalam kepada informan. Data dianalisis secara kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dakwah menggunakan media youtube memiliki pengaruh positif dan juga pengaruh negatif menurut persepsi dai, dilihat dari kemajuan teknologi yang mengemas dakwah menjadi minimalis dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Persepsi dai mengenai dakwah melalui media youtube bermanfaat untuk dai-dai baru atau dai yang ingin menggunakan youtube sebagai media dakwah yang tetap memperhatikan kebutuhan dan kondisi mad’u. Penelitian ini adalah penelitian mengenai persepsi dai (pelaku utama dalam dakwah). Dengan adanya penelitian mengenai persepsi dai maka dapat menyebabkan para dai akan lebih bijak dalam memilih atau menentukan media yang digunakan dalam dakwahnya. Persepsi dai dipengaruhi oleh aspek-aspek persepsi yaitu aspek kognitif, afektif, konatif. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah agar lebih bisa menggali lagi mengenai keberhasilan atau keefektivitasan dakwah melalui media sosial lainnya khususnya yang diterapkan di daerah-daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Dakwah; Media Sosial; Youtube
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 12 Oct 2023 10:53
Last Modified: 12 Oct 2023 10:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21501

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics