Nilai-nilai pendidikan agama islam dalam film gagal taaruf karya Muklis Hafiz

Anggriyani, Esti (2023) Nilai-nilai pendidikan agama islam dalam film gagal taaruf karya Muklis Hafiz. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1803016049_ESTI_ANGGRIYANI] Text (SKRIPSI_1803016049_ESTI_ANGGRIYANI)
1803016049_Esti Anggriyani_Full_Skripsi - Esti Anggriyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Islam bertujuan untuk membentuk manusia yang mempunyai kepribadian muslim kamil serta berdasarkan ajaran Islam. Pendidikan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Salah satunya dengan menggunakan sarana media komunikasi massa yakni film, film adalah komunikasi massa yang saat ini yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan:1) Apa sajakah nilai- nilai Pendidikan Agama Islam yang terkandung dalam Film Gagal Taaruf karya Muklis Hafiz?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data menggunakan sumber data primer yakni film Gagal Taaruf karya Muklis Hafiz. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan teknis analisis data menggunakan content analysis.
Hasil dari penelitian menunjukkan nilai-nilai yang terkandung dalam film Gagal Taaruf, yakni nilai iman meliputi berhusnuzan kepada Allah, iman kepada kitab Allah. Nilai Ibadah berdoa kepada Allah, dan melaksanakan perintah Allah yakni salat). Nilai Akhlak (Mengucapkan salam dan menjawab salam, menolong teman ketika sedang kesusahan, menasihati teman dalam hal kebaikan, kasih sayang dan mengajarkan Soleh untuk berbakti kepada ibu).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai; Pendidikan agama Islam; film Gagal Taaruf
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:52
Last Modified: 13 Oct 2023 03:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21506

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics