Upaya meningkatkan minat masyarakat pedesaan untuk menggunakan produk deposito mudharabah di BPRS Suriyah Cabang Semarang

Akbar, Ihza Ahzami (2023) Upaya meningkatkan minat masyarakat pedesaan untuk menggunakan produk deposito mudharabah di BPRS Suriyah Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036088_Ihza Ahzami Akbar_Lengkap] Text (Skripsi_1905036088_Ihza Ahzami Akbar_Lengkap)
Skripsi_1905036088_Ihza Ahzami Akbar_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan data periode 2021 menunjukan perbandingan yang tidak ekuivalen dimana terdapat 362 nasabah dari daerah kota dan sebanyak 15 nasabah dari daerah pedesaan. Oleh karena itu BPRS Suriyah Cabang Semarang harus berfokus pada kepuasan nasabah untuk meningkatkan minat pada produk deposito mudharabah. Karena kepuasan nasabah merupakan sasaran utama dalam konsep perbankan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1). praktek dan persfektif perbankan syariah terhadap produk deposito mudharabah di BPRS Suriyah Cabang Semarang. 2). faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya minat nasabah untuk menggunakan produk deposito mudharabah di BPRS Suriyah cabang semarang. 3). upaya dalam peningkatan minat masyarakat untuk menggunakan produk deposito mudharabah di BPRS Suriyah Cabang Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif, data-data yang dikumpulkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya minat yaitu kurangnya promosi dari BPRS Suriyah cabang Semarang dan minimnya tingkat literasi masyarakat tentang perbankan, Sehingga upaya yang harus dilakukan oleh BPRS Suriyah Cabang Semrang adalah dengan cara melakukan, sosialisasi ke pihak-pihak tertentu, menjalin ikatan kerja sama dengan rekanan, menjaga reputasi bank dengan baik dan meningkatkan pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat masyarakat; Produk deposito; Mudharabah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:00
Last Modified: 13 Oct 2023 06:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21511

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics