Analisis literasi keuangan syariah bagi investor saham syariah: studi kasus di galeri investasi BEI UIN Walisongo Semarang

Roziqoh, Anatur (2023) Analisis literasi keuangan syariah bagi investor saham syariah: studi kasus di galeri investasi BEI UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036090_Anatur Roziqoh_Lengkap] Text (Skripsi_1905036090_Anatur Roziqoh_Lengkap)
Skripsi_1905036090_Anatur Roziqoh_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini tentang analisis literasi keuangan syariah bagi investor saham syariah pada Galeri Investasi BEI UIN Walisongo dilakukan untuk mengetahui bagaimana literasi keuangan syariah berkembang di masyarakat terutama di kalangan mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang melakukan investasi saham syariah. Walaupun literasi keuangan syariah di Indonesia meningkat, akan tetapi oleh penelitian dari OJK menunjukkan bahwa angka literasi keuangan syariah di Indonesia masih tergolong rendah yaitu 9,14 %. Hal itu belum sesuai jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang merupakan mayoritas muslim, di mana itu memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan literasi keuangan syariah. Dengan literasi keuangan syariah, diharapkan masyarakat atau investor tidak tertipu dengan adanya produk keuangan atau investasi bodong yang memanfaatkan label syariah di dalamnya. Maka dari itu, penelitian ini perlu dilakukan untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat agar mampu membuat keputusan keuangan dengan lebih baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Otoritas Jasa Keuangan menyatakan bahwa literasi keuangan meliputi tiga dimensi, yaitu pengetahuan (knowladge), keterampilan (skill), dan keyakinan (confidance). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan diolah dengan analisis deskriptif melalui metode wawancara yang dilakukan kepada investor saham syariah di Galeri Investasi BEI UIN Walisongo. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, mendapatkan kesimpulan bahwa pengetahuan literasi keuangan, keterampilan, dan keyakinan pada keuangan syariah para investor saham syariah di Galeri Investasi BEI UIN Walisongo tergolong suffient literate. Untuk itu, perlu adanya kerja sama seluruh pihak untuk meningkatkan literasi keuangan syariah dari suffient literate ke well literate.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi; Keuangan syariah; Investor; Saham
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:08
Last Modified: 13 Oct 2023 06:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21512

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics