Manajemen kelas PAI dan budi pekerti berbasis kurikulum merdeka belajar di SDN Tlogoharum 02 Pati

Huda, Durorul (2023) Manajemen kelas PAI dan budi pekerti berbasis kurikulum merdeka belajar di SDN Tlogoharum 02 Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1803016057_DURORUL_HUDA] Text (SKRIPSI_1803016057_DURORUL_HUDA)
1803016057_Durorul Huda_Full_Skripsi - Durorul Huda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Manajemen atau pengelolaan kelas merupakan salah satu unsur penting dalam pembelajaran. Dalam kurikulum merdeka belajar juga disebutkan bahwa pembelajaran harus lebih berpusat pada peserta didik, sehingga pengelolaan kelas dapat berjalan dengan baik. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan kelas PAI dan Budi Pekerti berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN Tlogoharum 02 Pati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perilaku belajar siswa saat pembelajaran PAI dan Budi Pekerti berbasis kurikulum merdeka di SDN Tlogoharum 02, 2) manajemen kelas PAI dan Budi Pekerti berbasis kurikulum merdeka belajar di SDN Tlogoharum 02 Pati.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di SDN Tlogoharum 02 Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer berupa informasi dari kepala sekolah, wali kelas, guru PAI dan Budi Pekerti SDN Tlogoharum 02 Pati. Sedangkan data sekunder berupa penelitian-penelitian terdahulu yang berkaitan dengan manajemen kelas PAI Budi Pekerti serta Missbehaviour. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kualitatif deskriptif teori miles and huberman tentang manajemen kelas PAI dan Budi Pekerti berbasis kurikulum merdeka belajar di SDN Tlogoharum 02 Pati.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kelas PAI dan Budi Pekerti berbasis kurikulum merdeka belajar di SDN Tlogoharum 02 Pati diantaranya: a) merancang pembelajaaran yang kreatif dan interaktif, b) memanfaatkan fasilitas, c) memaksimalkan media pembelajaran yang menyenangkan, d)memberikan penghargaan atau feedback, dan e) memusatkan perhatian kepada seluruh peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Manajemen Kelas; kurikulum merdeka belajar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 13 Oct 2023 06:49
Last Modified: 13 Oct 2023 06:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21517

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics