Komunikasi interaktif dalam dakwah Agam dan Basyasman di aplikasi goplay

Aulia, Weni (2022) Komunikasi interaktif dalam dakwah Agam dan Basyasman di aplikasi goplay. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of 1801026074_WENI_AULIA_SKRIPSI] Text (1801026074_WENI_AULIA_SKRIPSI)
1801026074_Weni Aulia_Lengkap Tugas Akhir - Weni Aulia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kepopuleran kajian live streaming telah menarik perhatian banyak kalangan, contohnya da’i milenial seperti Agam dan Basyasman, mereka mulai aktif melakukan kajian live streaming bersama di aplikasi Goplay. Dalam dakwah Agam dan Basyasman dengan fitur live streaming di aplikasi Goplay ini, hubungan da’i dan mad’u yang dulu merupakan hubungan yang satu arah, kini menjadi hubungan timbal balik (dua arah) dan interaktif. Interaktifitas bukan hanya sekedar feedback dalam bentuk pengajuan pertanyaan kepada da’i saja, namun interaktifitas disini adalah hubungan yang benar-benar cair dan terbuka antara da’i dan mad’u, komunikasi dua arah ini disebut juga sebagai komunikasi interaktif. Maka peneliti tertarik melakukan penelitian ini dengan rumusan masalah, bagaimana bentuk komunikasi interaktif yang dilakukan dalam dakwah Agam dan Basyasman di aplikasi Goplay.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk komunikasi interaktif yang dilakukan dalam dakwah Agam dan Basyasman di aplikasi Goplay. Maka metode yang relevan untuk meneliti fenomena tersebut adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang ada secara mendalam melalui pengumpulan data dengan berfokus pada kualitas data, bukan pada banyaknya kuantitas data. Sedangkan fenomena yang dimaksud dalam penelitian ini sendiri adalah fenomena online terkait komunikasi interaktif yang dilakukan oleh Agam dan Basyasman di aplikasi Goplay.
Setelah menganalisis tiga video live streaming Agam dan Basyasman di aplikasi Goplay dengan enam dimensi interaktivitas ditemukan bahwa pada aspek informasi, informasi yang disampaikan berupa materi dakwah dan segala informasi lain yang disampaikan dengan jelas, kontrol tinggi dilakukan dengan segera merespon pertanyaan dari penonton, aktivitas tinggi berupa feedback dan respon cepat yang diberikan oleh Agam dan Basyasman kepada penonton maupun sebaliknya, dua arah berupa pesan dan respon positif yang tidak hanya didominasi oleh Agam dan Basyasman saja namun oleh penonton juga, fleksibilitas waktu berupa para pengguna dapat berinteraksi dan berbagi informasi dengan cepat, real time dan tidak terikat oleh waktu, dan kesadaran tinggi terhadap tempat berupa para pengguna dapat menonton tayangan dimanapun bahkan sambil mengerjakan pekerjaan lain sekalipun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interaraktif; Dakwah; Live streaming; Goplay; Materi Dakwah; Agam dan Basyasman
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:04
Last Modified: 13 Oct 2023 08:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21528

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics