Pengaruh pengetahuan dan motivasi terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah : studi pada mahasiswa Prodi Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019

Fujiyanti, Shelly Devi (2023) Pengaruh pengetahuan dan motivasi terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah : studi pada mahasiswa Prodi Perbankan Syariah UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1905036102_Shelly Devi Fujiyanti_Lengkap] Text (Skripsi_1905036102_Shelly Devi Fujiyanti_Lengkap)
Skripsi_1905036102_Shelly Devi Fujiyanti_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang usaha pokoknya menyalurkan pembiayaan dan memberikan jasa lalu lintas pembayaran serta peredaran uang, bank syariah juga merupakan bank yang pengoperasionalnya berdasarkan prinsip syariat islam yang berlandasan Al-qur’an dan Hadits. Minat menabung didasari oleh beberapa faktor, seperti pengetahuan dan motivasi yang dimiliki seseorang. Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang angkatan 2019 sudah mengetahui menegenai penegtahuan tentang produk-produk perbankan syariah, serta perbedaan antara bank syariah dan bank konvensional, serta telah mengetahui keharaman riba. Akan tetapi, masih melekatnya produk perbankan konvensional bagi Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah, sehingga masih banyak dari mereka yang menggunakan produk dan jasa perbankan konvensional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan motivasi terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis sumber data primer dan sekunder, dengan jumlah populasi 153 dan jumlah sampel 111 responden Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang yang memiliki rekening bank syariah. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala pengukuran menggunakan skala likert dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 21.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penegtahuan dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Nilai t hitung variabel pengetahuan sebesar 6,983 dan variabel motivasi sebesar 2,784 yang lebih besar dari nilai t tabel yaitu 1,982. Dan hasil uji koefisien determinasi dalam penelitian sebesar 0,508 yang berarti pengaruh pengetahuan dan motivasi terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah sebesar 50,8%, sedangkan sisanya 49,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Minat menabung; Mahasiswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:19
Last Modified: 13 Oct 2023 08:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21532

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics