Toleransi beragama dalam serial film animasi Upin & Ipin di youtube

Hidayah, Anisatul (2022) Toleransi beragama dalam serial film animasi Upin & Ipin di youtube. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1701026088_ANISATUL_HIDAYAH_SKRIPSI] Text (1701026088_ANISATUL_HIDAYAH_SKRIPSI)
1701026088_ANISATUL HIDAYAH_FULL SKRIPSI - Anisatul Hidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Anisatul Hidayah, 1701026088. Toleransi Beragama dalam Serial Film Animasi Upin & Ipin di YouTube.
YouTube merupakan media baru yang menayangkan berbagai macam konten. Salah satunya yaitu serial animasi Upin & Ipin. Serial ini kaya akan nilai toleransi di dalamnya. Serial yang tayang perdana pada tahun 2007 ini masih eksis hingga saat ini. Maraknya kasus intoleransi yang terjadi di Indonesia sangat tidak sesuai dengan sudut pandang Islam, bahkan negara pun mencantumkan tentang kebebasan memeluk keyakinan dalam UUD 1945. Perlu adanya pemahaman anak dan masyarakat luas tentang pentingnya toleransi dalam beragama, salah satunya melalui serial animasi.
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan bentuk toleransi beragama dalam serial animasi Upin & Ipin di YouTube. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskripstif kualitatif. Sumber data primer diperoleh dari dokumen berbentuk video dalam channel YouTube Les ‘Copaque. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analisis) menurut Krippendorff.
Hasil penelitian menunjukkan bentuk toleransi beragama dalam serial animasi Upin & Ipin di YouTube yaitu Penerimaan, mencakup tidak makan di depan orang yang berpuasa ditunjukkan pada episode Raya Penuh Makna scene ke 5 dan episode Tibanya Syawal scene ke 9, bijaksana dalam bertindak ditunjukkan pada episode Gong Xi Fa Cai scene ke 2, dan mengucapkan selamat kepada umat agama lain ditunjukkan pada episode Pesta Cahaya scene ke 4. Penghargaan, mencakup mengetahui hari besar agama lain ditunjukkan pada episode Alunan Ramadhan scene ke 1, dan pengertian kepada teman ditunjukkan pada episode Gong Xi Fa Cai scene ke 5 dan episode Pesta Raya scene ke 9. Kerjasama, mencakup tolong menolong kepada sesama ditunjukkan pada episode Pesta Cahaya scene ke 5 dan episode Gong Xi Fa Cai scene ke 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Toleransi; Serial Animasi; YouTube; Upin & Ipin
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 179 Other ethical norms
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 303 Social processes > 303.6 Conflict and conflict resolution
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:08
Last Modified: 13 Oct 2023 09:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21536

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics