Strategi komunikasi suara merdeka semarang dalam memperkenalkan literasi media melalui gerakan santri menulis

Wafa, Idmamul (2022) Strategi komunikasi suara merdeka semarang dalam memperkenalkan literasi media melalui gerakan santri menulis. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1701026129_IDMAMUL_WAFA_SKRIPSI] Text (1701026129_IDMAMUL_WAFA_SKRIPSI)
1701026129_IDMAMUL WAFA_FULL_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Strategi komunikasi merupakan alat bantu dalam mengefektifkan proses komunikasi dalam penyampaian tujuan, visi, dan misi dari kegiatan komunikasi. Keberadaan strategi komunikasi memiliki peran penting dalam tersampainya pesan kepada khalayak. Mengingat komunikasi memiliki berbagai tujuan diantaranya untuk memberi informasi, mendidik, menghibur dan mempengaruhi khalayak, posisi strategi komunikasi menjadi alat bantu yang digunakan berbagai pihak supaya proses komunikasi mereka mampu mencapai tujuan dengan masksimal. Hal tersebut digunakan oleh pihak Harian Suara Merdeka dalam menyusun tahapan komunikasi dalam menanggapi isu masyarakat diantaranya : literasi media, penyebaran hoaks, dan kurangnya minat baca yang diberinamama Gerakan Santri Menulis (GSM).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan oleh Harian Suara Merdeka dalam memperkenalkan literasi media melalui Gerakan Santri Menulis ke 28 tahun 2022 yang diselenggarakan di Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung. Hasil dari penelitian ini berfokus pada bagaimana susunan dan rincian strategi komunikasi Suara Merdeka dalam memperkenalkan literasi media melalui Gerakan Santri Menulis yang meliputi cara mengenali khalayak dan lingkungan, menetapkan tujuan, menyusun pesan, dan menentukan metode dalam proses komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Komunikasi; Literasi Media
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 Oct 2023 10:24
Last Modified: 13 Oct 2023 10:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21540

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics