Pesan dakwah dalam konteks pandemi pada video youtube Adi Hidayat official : studi analisis isi Klaus Krippendorf

Kamila, Syifa’ Tasya (2022) Pesan dakwah dalam konteks pandemi pada video youtube Adi Hidayat official : studi analisis isi Klaus Krippendorf. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

[thumbnail of 1701026130_SYIFA’_TASYA_KAMILA_SKRIPSI] Text (1701026130_SYIFA’_TASYA_KAMILA_SKRIPSI)
1701026130_Syifa_ Tasya Kamila_Full_Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Syifa’ Tasya Kamila, NIM: 1701026130, Judul: Pesan Dakwah Tentang Pandemi dalam Channel YouTube Adi Hidayat Official, Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang, 2022.
Penelitian ini guna mengetahui pesan dakwah yang terkandung dalam ceramah Ustaz Adi Hidayat dalam video YouTube Adi Hidayat Official dengan tema pandemi. Di masa pandemi, Ustaz Adi Hidayat adalah salah satu ustaz yang berbicara tentang pandemi dalam ceramahnya, dan beberapa videonya mengkaitkan pandemi dengan ajaran Islam. Pengetahuan agama serta kekuatan hafalan Al-Qur’an dan kitab-kitab, Ustaz Adi Hidayat dapat memberikan penjelasan secara terperinci. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan menggunakan metode analisis isi Klaus Krippendorf, sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Video dari channel YouTube Adi Hidayat Official.
Berdasarkan data yang diteliti, hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lima video yang menjadi bahan penelitian tersebut terdapat tiga kategori pesan dakwah, yaitu: Pesan dakwah kategori aqidah, membahas tentang iman kepada Al-Qur’an dan takdir Allah, dan menjelaskan tentang janji dan jaminan dari Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW bahwa kita akan mendapatkan keistimewaan Al-Qur’an. Selanjutnya pesan dakwah kategori syari’ah membahas tentang hukum-hukum vaksin yang digunakan di Indonesia, ada dua vaksin yang dibahas, vaksin Sinovac dan AstraZeneca.
Ustaz Adi Hidayat memaparkan bahwa vaksin Sinovac secara hukum dinyatakan halal dan thayyib untuk digunakan umat Islam di Indonesia, dan vaksin AstraZeneca tidak suci, karena dalam tahapan pembuatannya terkandung tripsin babi, namun penggunaannya diperbolehkan apabila vaksin yang halal belum ditemukan atau belum tersedia. Kemudian pesan dakwah kategori akhlak, membahas tentang perilaku seseorang. Video tersebut membicarakan tentang sabar dan ikhtiar dalam menghadapi ujian, karena pandemi Covid-19 termasuk ujian dari Allah. Dengan demikian, pesan dakwah dalam konteks pandemi ini bisa diimplentasikan ke dalam kondisi wabah apa saja, menjadi panduan untuk menjalani tatanan kehidupan menurut agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Pesan Dakwah; Video YouTube; Adi Hidayat Official
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 13 Oct 2023 10:33
Last Modified: 13 Oct 2023 10:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21541

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics