Metode dakwah Mauidzah Hasanah K.H. Sahal Mahfudz

Ma’rufah, Siti Luthfiatul (2023) Metode dakwah Mauidzah Hasanah K.H. Sahal Mahfudz. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1601016036_Siti Luthfiatul Ma'rufah_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1601016036_Siti Luthfiatul Ma'rufah_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Metode dakwah mauidzah hasanah yang sering digunakan para da’i untuk menyampaikan dakwah merupakan metode yang memiliki komunikasi verbal yang paling sering dan paling banyak digunakan dalam pelaksanaan dakwah. Mauidzah hasanah merupakan salah satu bagian penting dalam berdakwah, yang menyampaikan dakwah dengan cara bertutur kata yang baik, dengan begitu paling tidak seorang da’i pernah menggunakan untuk menyampaikan kebaikan dan mencapai tujuan dalam dakwahnya. Beberapa ulama’ telah menerapkan metode dakwah mauidzah hasanah termasuk KH. Sahal Mahfudz. Kiai Sahal adalah seorang ulama’ besar berasal dari Jawa Tengah yang dakwahnya mengutamakan dengan keadaaan mad’unya. Kiai Sahal selain berdakwah dengan para santri, Kiai Sahal juga berdakwah dengan masyarakat khususnya dalam merubah pola pikir masyarakat. Atas kesuksesan KH. Sahal Mahfudz dalam menebarkan kebaikan dalam masyarakat tak dapat dipungkiri dipengaruhi oleh kepiawaiannya dalam dakwah mauidzah hasanah yang memiliki ciri khas tersendiri. Latar belakang di atas menjadikan dasar pembuatan rumusan masalah sebagai berikut: bagaimana materi dakwah KH. Sahal Mahfudz dan bagaimana metode dakwah mauidzah hasanah KH. Sahal Mahfudz. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data primer dari penelitian ini adalah orang terdekat KH. Sahal Mahfudz dan alumni santri KH. Sahal Mahfudz. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode dakwah mauidzah hasanah yang dilakukan oleh KH. Sahal Mahfudz dengan 4 macam, yakni nasihat, Tabsyir Watandzir, wasiat, kisah. Adapun materi yang dibawa oleh Kiai Sahal yaitu, aqidah, syari’ah, muamalah, dan akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Metode Dakwah; Strategi Dakwah; Mauidhoh Hasanah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 205 Religious Ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 14 Oct 2023 01:55
Last Modified: 14 Oct 2023 01:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/21548

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics